Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fitur Keren Google Docs yang Baru

Kompas.com - 14/09/2015, 16:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Google baru saja memperbarui aplikasi produktivitas miliknya, yaitu Docs, Sheets dan Slides. Ketiganya kini punya fitur yang menarik, mulai dari mengetik menggunakan perintah suara hingga membuat formulir.

Semua fitur tersebut tersedia dan bisa langsung digunakan siapapun tanpa terlalu bersusah payah.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Senin (14/9/2015), berikut ini enam fitur baru Google Docs, Sheets dan Slides.

1. Mengubah Suara Jadi Tulisan

Ini bisa dikatakan sebagai fitur paling menarik di Google Docs. Meskipun belum sempurnya, misalnya Anda akan kesulitan memerintahkan aplikasi memberikan tanda titik atau koma, tapi fitur ini sudah bisa dipakai dengan lancar.

KompasTekno sempat mencobanya dalam bahasa Indonesia. Saat mendiktekan kata-kata yang ingin diketik, tak banyak kesalahan yang terjadi.

Anda cukup membuka Google Docs dari web atau aplikasi Android untuk bisa mencoba fitur ini. Setelah aplikasi terbuka, bila menggunakan web, carilah opsi voice typing pada bilah Tools.

Bila menggunakn aplikasi Android, cukup tahan tombol spasi hingga muncul pilihan mode mengetik. Selanjutnya pilih voice typing dan mulainya mendiktekan ketikan Anda.

2. Riset Online

Fitur ini berguna saat Anda mengetik dan ingin mencari referensi atau Googling kata-kata tertentu. Cukup highlight kata-kata yang dibutuhkan, kemudian klik kanan dan pilih research atau gunakan ctrl + alt + shift + I. Kemudian pada sisi kanan layar akan muncul hasil pencarian Google menggunakan kata-kata yang Anda pilih.

Bila menggunakan aplikasi Androidnya, cukup highlight kata-kata yang dibutuhkan dan tekan tombol menu yang berbentuk tiga titik di sudut kanan atas. Dari sana akan muncul pilihan Research.

Hasil pencarian tersebut, baik berupa link atau gambar, sama-sama bisa disematkan langsung ke dalam tulisan Anda. Dengan demikian bisa menghemat waktu karena tidak perlu copy-paste ke Google Search untuk melakukan pencarian.

3. Templates

Google Docs, Sheets, dan Sides kini memiliki pilihan template supaya penggunanya bisa mengetik dengan cepat. Misalnya ketika membuat resume, catatan budget, slide presentasi, atau proposal proyek.

Namun fitur ini baru bisa diakses melalui aplikasi web saja. Caranya cukup mengunjungi alamat web masing-masing aplikasi tersebut, maka pada bagian atas halaman pertama akan ditampilkan template penulisan yang dibutuhkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com