Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Aktifkan 4G LTE di Surabaya Oktober, Jakarta?

Kompas.com - 15/09/2015, 15:33 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk. (XL) bersiap untuk membuka layanan 4G LTE komersil di frekuensi 1.800 MHz. Rencananya pada Oktober mendatang internet cepat itu akan mulai bisa diakses oleh pengguna di Surabaya dan Bali.

"Oktober nanti (4G LTE) di Surabaya dan Denpasar rencananya akan kami nyalakan. Berikutnya, November, giliran Jakarta dan Bandung," ujar General Manager Data Packet XL, Roy Wisnhu Wibowo saat ditemui usai pelucuran Paket Tabungan Kuota 4G di Xplor Senayan City, Senin (14/9/2015).

Penataan frekuensi 1800 MHz untuk 4G LTE sendiri dijadwalkan selesai pada November mendatang. Namun pemerintah sebelumnya sudah membolehkan operator untuk langsung menggelar komersialisasi di wilayah yang lebih dulu selesai di tata.

Saat ini, XL sendiri baru mengomersilkan layanan 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sementara itu 4G LTE kota lain, seperti Yogyakarta dan Medan, menggunakan frekuensi 900 MHz.

Kendati demikian, Roy mengatakan, sudah cukup banyak pengguna yang mengaktifkan paket 4G LTE mereka. Jumlahnya sekitar 1,2 juta hingga 1,3 juta orang dan tersebar antara Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Bogor, Lombok, dan Medan.

Sementara itu jumlah pengguna yang terdeteksi mengakses jaringan mereka melalui gadget 4G LTE ada sebanyak 3 juta orang. XL pun mengeluarkan paket-paket agar para pengguna itu mau mencoba paket internet cepat tersebut.

Salah satunya adalah Paket Tabungan Kuota 4G LTE yang baru mereka luncurkan. Dengan paket tersebut, ketika pengguna membeli paket HotRod mulai dari harga Rp 60.000 akan mendapatkan bonus kuota 4G LTE yang bisa dipakai saat jaringan tersebut sudah aktif nanti.

"Kami harapkan akhir tahun ini bisa mencapai 4,5 juta pelanggan 4G LTE dari 8 kota yang sudah komersil, dan akhir 2016 sudah mendapat 10 juta pelanggan dari rencana komersialisasi di 30 kota," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com