Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Biarkan Aplikasi "Sampah" di iOS Dihapus

Kompas.com - 16/09/2015, 10:48 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Satu hal yang dianggap paling menyebalkan dari sistem operasi smartphone  adanya aplikasi bawaan (pre-installed), yang tak semuanya dibutuhkan. Pengguna tidak dimungkinkan untuk menghapusnya. Selain itu, aplikasi bloatware tersebut sering kali menyita kapasitas penyimpanan smartphone.

Jika Anda pengguna iOS, masalah tersebut tampaknya akan segera usai. Dalam sebuah wawancara dengan situs BuzzFeed, CEO Apple Tim Cook mengungkapkan, sedang "mencari cara" untuk mengizinkan pengguna menghapus aplikasi "sampah" yang ada di iPhone dan iPad.

Akan tetapi, Cook menjelaskan, pengguna kemungkinan besar tidak akan diberikan kesempatan untuk menghapus aplikasi bawaan yang penting atau terhubung ke sistem perangkat, seperti Mail, Safari, Camera, dan App Store.

"Ini merupakan masalah yang lebih kompleks dari kelihatannya," ujar Cook, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (16/9/2015).

"Ada beberapa aplikasi yang terhubung ke hal lain di iPhone. Jika dihapus, aplikasi tersebut mungkin akan menyebabkan masalah lain di ponsel," tuturnya.

Nantinya, masih menurut Cook, kemungkinan pengguna akan diberikan kebebasan untuk menghapus aplikasi yang tidak terlalu signifikan dan juga memberi dampak bagi aplikasi lain di iOS. Beberapa contohnya, seperti Compass, Stocks, dan Tips.

"Ada beberapa aplikasi lain yang tidak seperti itu (berdampak terhadap sistem). Jadi, dengan berjalannya waktu, saya berpikir untuk mencari cara (bagi pengguna menghapus aplikasi bawaan)", lanjutnya.

Ini tentunya akan menjadi kabar yang menggembirakan bagi pemilik iPhone atau iPad dengan kapasitas terkecil, 16 GB. Aplikasi-aplikasi bawaan biasanya bisa menghabiskan kapasitas memori cukup besar. Tidak jarang pula, aplikasi tersebut tidak terpakai.

Jika fitur tersebut benar-benar diwujudkan nanti, pengguna bisa sedikit "memperluas" kapasitas dengan cara menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai.

Sayangnya, Cook masih belum mau membeberkan kapan fitur itu akan diaplikasikan. Semoga saja dalam waktu dekat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com