Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Sehat Bisa Tukar Sperma dengan iPhone 6s

Kompas.com - 18/09/2015, 13:50 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Demi memiliki iPhone 6s, beberapa orang rela menyumbangkan organ tubuhnya. Sebelumnya, dua pria China diketahui berencana menjual ginjal untuk membeli iPhone teranyar.

Fenomena ini dimanfaatkan bank sperma di Provinsi Hubei, China Tengah. Lewat iklan yang disebar melalui aplikasi WeChat, penghimpun sperma tersebut mengampanyekan gerakan "tukar sperma dengan iPhone 6s".

"Harga iPhone 6s 5.288 yuan (Rp 11,9 juta) di China. Kini, kamu bisa mendapatkannya tanpa harus menjual ginjal," begitu kalimat iklan yang dipaparkan, sebagaimana dilaporkan Asiaone dan dikutip KompasTekno, Jumat (18/9/2015).

Donor sperma, menurut iklan, dapat mengantongi 5.000 yuan (Rp 11,2 juta) setelah mendonasikan 40 mililiter sperma. Artinya, donor cuma perlu merogoh kocek tambahan 288 yuan (Rp 649.000) untuk memperoleh iPhone 6s.

Walaupun begitu, tak semua lelaki diperkenankan menjadi donor sperma. Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Syarat ini, antara lain, usia 22 hingga 45 tahun, kualitas sperma memadai, dan tak ada infeksi atau penyakit yang terkandung dalam cairan tersebut. Selain itu, pendidikan sang empunya sperma juga dijadikan pertimbangan.

"Donor harus membawa ijazah pendidikan, setidaknya harus berpredikat diploma," kata perwakilan bank.

Promosi yang mengatasnamakan iPhone 6s diharapkan bisa menarik minat para lelaki sehat. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, bank sperma mengaku kekurangan donor.

Beberapa upaya sudah dilancarkan, antara lain meninggikan bayaran bagi donor. Sebelumnya, 40 mililiter sperma hanya dihargai 4.000 yuan (Rp 9 jutaan). Kini, harga sudah dinaikkan 1.000 yuan menjadi 5.000 yuan.

Selain itu, pada pertengahan tahun ini, marketplace raksasa Alibaba juga telah mempermudah akses warga ke tujuh bank sperma di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com