Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palapa Ring Akan Sebar Internet ke 50 Kabupaten

Kompas.com - 18/09/2015, 15:30 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Rudiantara menegaskan bahwa proyek Palapa Ring harus benar-benar terlaksana dan selesai pada 2018.

"Saya yakin jadi dan harus jadi, karena ada jaminan dari pemerintah," tegasnya saat ditemui KompasTekno di kediaman resminya, Rabu (16/9/2015).

Proyek tersebut merupakan upaya memasang infratruktur internet yang menghubungkan seluruh Indonesia. Targetnya adalah menghubungkan sekitar 50 kota dan kabupaten dengan koneksi internet atau layanan telekomunikasi yang baik.

Palapa Ring sebenarnya bukan proyek baru. Inisiasinya sudah dilakukan sejak 2005 lalu, namun proyek ini terbengkalai. Konsorsium yang sempat dibentuk pun ditinggalkan anggotanya, hingga cuma tersisa Telkom yang memilih bergerak sendiri.

"Sudah 10 tahun proyek ini tidak berjalan. Tahun 2005 tidak jadi, dibentuk konsorsium batal juga. Saya kan tanya sama Telkom, Telkom mau bangun yang mana, kita mau bangun yang ini. Tulis saya bilang, karena kalau Telkom gak bangun, pemerintah  nanti yang bakal bangun," ujar Chief RA, sapaan akrabnya.

"Jangan sampai pemerintah gak ngebangun, Telkomnya lama-lama. Rakyat gak bisa menunggu. Targetnya kan 2018 semua Ibu kota, kabupaten dan wilayah kotamadya seluruh Indonesia harus terhubung," imbuhnya.

Palapa Ring tahap kedua ini dibagi menjadi tiga paket pengerjaan, yaitu wilayah barat, tengah, dan timur. Saat ini, proses tender sudah selesai pada tahap evaluasi prakualifikasi Pengadaan Badan Usaha Penyelenggara Proyek Kerjasama Pemerintah.

Peserta tender yang lolos tahap tersebut adalah PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat, Tbk., Konsorsium Mora Telematika Indonesia - Ketrosden Triasmitra, Konsorsium Super Sistem Ultima - Huawei, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan PT XL Axiata, Tbk. pada Paket Barat.

Berikutnya adalah PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat, Tbk., Konsorsium Pandawa Lima, Konsorsium Super Sistem Ultima - Huawei, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan PT XL Axiata, Tbk.pada Paket Tengah.

Terakhir adalah PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat, Tbk., Konsorsium PT Matra Mandiri Prima - PT Hitachi High Technologies Indonesia - PT Partibandar Utama, Konsorsium Super Sistem Ultima - Huawei, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan PT XL Axiata, Tbk pada Paket Timur.

"Palapa Ring pembangunan awal tahun depan udah dikerjakan dan selesai dalam waktu dua tahun," pungkas Chief RA.

Dia juga menambahkan bahwa proyek tersebut adalah pembangunan infrastruktur, jadi bukan akses internet yang langsung dirasakan konsumen. Palapa Ring juga termasuk dalam bagian Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019 dan nantinya direncanakan bisa menyediakan internet berkecepatan 10-20 Mbps.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com