Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lotus Formula 1 Ungkap Peran Microsoft Dynamics

Kompas.com - 21/09/2015, 11:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Ajang balap Formula 1 tak melulu soal pembalap, mekanik, dan mobil balapnya saja. Di belakang itu terdapat banyak orang yang terlibat, mulai dari manajer tim hingga tukang katering.

Semakin banyak karyawan yang terlibat di dalamnya, sebuah tim Formula 1 kini layaknya sebuah perusahaan. Dan untuk menjalankan operasional perusahaan dengan sumber daya yang begitu banyaknya, dibutuhkan solusi manajemen bisnis yang sesuai.

"Manajemen perusahaan tradisional yang dipakai dulu sudah tidak mendukung lagi di lingkungan yang serba cepat, seperti Formula 1," ujar Thomas Mayer, Chief Operating Officer Lotus Formula One kepada KompasTekno dalam acara jumpa media di Singapura, Jumat (18/9/2015).

Mayer bercerita bahwa sekarang sudah eranya Internet of Things, sehingga dibutuhkan teknologi yang mendukungnya.

Lotus Formula One sendiri selama ini menjalin kerja sama dengan Microsoft dalam hal pengelolaan sumber daya timnya.

Sejak 2012, Lotus F1 menggunakan solusi ERP (Enterprise Resources Planning), Dynamic AX dari Microsoft yang menurut Mayer juga berperan vital dalam menentukan pengambilan keputusan.

"Microsoft membantu kami menjadi lebih kompetitif dalam dunia balap yang serba cepat ini," katanya.

"Kini kami bisa melakukan pemrosesan data yang lebih lancar secara real time, mencari referensi dari big data dan mendapatkan algoritmanya," imbuh Mayer.

Sementara itu, Christian Pedersen selaku Microsoft Dynamics Worldwide General Manager mengatakan betapa pentingnya manajemen konsumen dalam sebuah perusahaan di era yang serba terhubung saat ini.

"Bayangkan apa yang bisa dilakukan oleh Microsoft dalam dunia Formula 1 dengan banyak data yang direkam dan dianalisis, dan bayangkan itu ada di perusahaan Anda," kata Pedersen.

Keberhasilan Lotus F1 dalam menggunakan software Dynamics ERP kemudian ditindaklanjuti dengan solusi Dynamics CRM (Customer Relationship Management), software aplikasi bisnis untuk penggunaan online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com