Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Resmi Buka Akses 4G LTE di Surabaya dan Denpasar

Kompas.com - 22/09/2015, 15:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata, Tbk resmi menggelar layanan 4G LTE menggunakan frekuensi 1.800 MHz di Surabaya dan Denpasar. Pelanggan di daerah tersebut bisa langsung menikmati internet cepat itu dengan menggunakan kartu SIM khusus untuk 4G LTE.

"Selamat buat teman-teman kini bisa merasakan 4G LTE di Surabaya dan Denpasar," ujar Chief Executive Officer XL Dian Siswarini dalam peluncuran 4G LTE XL untuk Surabaya dan Denpasar, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

"Pertimbangan kami meluncurkan di Surabaya dan Denpasar karena rearrangement (penataan frekuensi 1.800 MHz) di Surabaya dan Denpasar sudah selesai. Kedua kota itu juga penting karena merupakan kota bisnis dan di Denpasar pun banyak turis yang datang," imbuhnya.

Sebagai upaya mendorong ekosistem 4G LTE, baik di Surabaya, Denpasar dan kota lainnya, XL menggratiskan penukaran kartu uSIM yang berguna untuk mengakses jaringan tersebut. Kartu SIM lama memang tidak bisa dipakai mengaksesnya karena keterbatasan kapasitas.

Selain itu, pekan lalu mereka meluncurkan paket Tabungan Kuota 4G LTE untuk pelanggan yang mengaktifkan paket HotRod tertentu. Tabungan kuota itu bisa dapat diakumulasi dan dipakai saat 4G LTE di lokasi pelanggan sudah mulai aktif.

Kemudian mereka juga menggelar kompetisi Xtreme Video 360 sebagai cara mengedukasi pelanggannya tentang kegunaan akses internet cepat. Kompetisi tersebut bisa diikuti siapapun, bahkan pengguna dipersilahkan menawarkan konsep mereka untuk mendapatkan pinjaman kamera pembuat video 360 derajat.

"Kami baru saja selesai menata frekuensi 1.800 MHz di Surabaya dan Denpasar malam tadi. Penataan ini bersama dengan operator lain, jadi operator-operator lain di sana juga sama-sama selesai," terang Vice President LTE XL Axiata Pantro Pander Silitonga.

"Kami tidak menjanjikan 4G LTE ada di semua kota di Indonesia. Tapi kami janji, di lokasi yang mendapatkan coverage, kami akan memberikan extreme speed xtreme video. Dan ini sudah bisa dinikmati 80 persen wilayah Surabaya dan 80 persen wilayah Denpasar," pungkasnya.

Penataan frekuensi 1800 MHz untuk 4G LTE sendiri dijadwalkan selesai seluruhnya pada November mendatang. Namun pemerintah sebelumnya sudah membolehkan operator untuk langgsung menggelar komersialisasi di wilayah yang lebih dulu selesai di tata.

Selain Surabaya dan Denpasar, XL sudah mengomersilkan layanan 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sementara itu 4G LTE di Yogyakarta dan Medan masih menggunakan frekuensi 900 MHz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com