Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Startup Indonesia, Baidu Siapkan Rp 14 Miliar

Kompas.com - 23/09/2015, 11:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baidu meluncurkan Program Pengembangan Ekonomi dan Ekosistem Berbasis Internet di Indonesia. Program ini diharapkan dapat membantu Pengembangan industri kreatif digital di Indonesia.

Adapun dua agenda kerja dalam program tersebut bertajuk "Grow Local" dan "Grow Global". Grow Local akan berfokus untuk mendukung startup dan pengembang aplikasi lokal. Adapun Grow Global berfokus untuk memboyong karya digital anak bangsa ke pasar global, khususnya Tiongkok.

Perusahaan mesin pencari tersebut telah menyediakan 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,4 miliar untuk mendukung programnya. Dana itu berbentuk investasi marketing, teknologi serta infrastruktur kerja bagi startup di tiga kota. Yakni di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

"Beberapa kendala pengembangan industri digital yang dihadapi startup adalah akses pendanaan, infrastruktur, keterbatasan teknologi dan riset pasar. Kami ingin mengurangi hambatan-hambatan tersebut," kata Direktur Baidu Indonesia Bao Jianlei pada acara peluncuran program, Rabu (23/9/2015) di Hotel Pullman, Jakarta.

Untuk mewujudkan program tersebut, Baidu bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Menkominfo Rudiantara dan Kepala Bekraf Triawan Munaf mendukung penuh gerakan Baidu untuk membantu perekonomian nasional. "Kami dari pemerintah mendukung segala bentuk program yang bisa meningkatkan pertumbuhan industri kreatif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Triawan.

Pada tahun pertama pelaksanaan program, Baidu mengharapkan dapat menyaring 15 startup lokal untuk mendapat dukungan penuh dalam hal pengembangan produk. Adapun untuk tahap global, Baidu menargetkan 75 aplikasi lokal untuk memasuki pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com