Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Laptop, Xiaomi Sudah Temukan Vendor Perakit

Kompas.com - 25/09/2015, 15:45 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Rumor tentang produsen smartphone China, Xiaomi yang akan membuat perangkat laptop kian santer. Kabar terbaru, Xiaomi telah menunjuk rekanan sebagai perakit laptopnya.

Seperti dikabarkan oleh Taipei Times, dan dikutip KompasTekno, Kamis (24/9/2015), Xiaomi dikabarkan telah berbicara dengan pabrik perakit Taiwan bernama Inventec untuk membuat laptop.

"Saya yakin dengan masa depan bisnis komputer laptop Xiaomi, mereka sudah memiliki 200 juta pengguna smartphne," ujar Richard Lee, Chairman Inventec.

Walau demeikian, Lee mengatakan pendekatan pasar Xiaomi untuk produk laptopnya akan berbeda dengan smartphone.

"Saya harap dengan masuknya Xiaomi ke pasar laptop akan membawa sesuatu yang baru bagi pasar," ujar Lee.

Pada Desember 2014 lalu, beredar render grafis laptop Xiaomi yang menyerupai MacBook Air besutan Apple. Kabar Xiaomi yang akan membuat laptop pun beredar santer.

Walau sempat dibantah oleh Xiaomi, namun Bloomberg pada awal bulan lalu melaporkan bahwa laptop Xiaomi benar ada dan akan dipasarkan pada awal tahun 2016 mendatang.

Bahkan Bloomberg melaporkan Xiaomi tengah mendekati Samsung untuk dijadikan sebagai pemasok chipset untuk laptopnya.

Belum bisa dikonfirmasi spesifikasi laptop Xiaomi yang akan dibuat, namun kabar sebelumnya menyebut Xiaomi menggunakan prosesor Intel Haswell i7-4500u dan RAM 16 GB sebagai dapur pacunya. Layarnya berukuran 15 inci dengan resolusi Full HD 1080p.

Soal sistem operasi, rumor tahun lalu mengatakan Xiaomi tidak memilih OS Windows sebagai sistem operasi laptop ini, melainkan sistem operasi Linux yang telah dimodifikasi. Laporan dari Bloomberg belum mengonfirmasi tentang hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com