Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn dan Apple Berniat Akuisisi Bisnis LCD Sharp

Kompas.com - 26/09/2015, 07:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Foxconn dan Apple kabarnya akan mengakuisisi bisnis panel LCD milik pabrikan Jepang, Sharp. Hal tersebut pertama kali dilaporkan oleh situs Nikkei Asian Review pada Senin (21/9/2015) lalu.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (24/9/2015), Foxconn yang juga dikenal dengan nama Hon Hai tersebut akan mengakuisisi  bisnis LCD milik Sharp dengan bantuan dana investasi dari Apple.

Menurut sumber yang dekat dengan permasalahan tersebut, pembicaraan antara Foxconn dan Sharp sudah dimulai sejak pertengahan tahun ini, dan Foxconn akan menjadi pemegang saham mayoritas.

Bisnis panel LCD Sharp sendiri saat ini dikabarkan sedang menururn. Jika akuisisi tersebut disepakati, maka Sharp berharap bisa kembali menstabilkan neraca keuangannya.

Akuisisi tersebut juga disebut-sebut bisa menyelamatkan 4.000 tenaga kerja Sharp yang ada di Jepang dari ancaman pemecatan.

Apple sendiri juga telah menunjuk Sharp sebagai produsen layar iPhone dan iPad-nya.

Apple jugatelah menyuntikkan dana mencapai 987 juta Dollar AS yang membuat perusahaan pimpinan Tim Cook tersebut memegang saham mayoritas bisnis LCD Sharp.

Dengan menambah suntikan dana bersama dengan Foxconn, maka Apple juga secara tidak langsung mengamankan rantai suplai komponen layar iPad dan iPhone-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com