Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 9 Batal Merampingkan Ukuran Aplikasi

Kompas.com - 27/09/2015, 08:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar Juni lalu, Apple mengumumkan iOS 9 memiliki fitur App Slicing yang memperkecil ukuran sebuah aplikasi di perangkat buatannya. Sayangnya, hingga saat ini fitur tersebut belum ada.

Apple baru saja mengatakan pada para developer bahwa App Slicing belum bisa dirilis sekarang karena terdapat bug pada iCloud. Apple masih harus menyelesaikan masalah itu sehingga fitur peramping aplikasi baru bisa dirasakan dalam iOS 9 versi selanjutnya.

Dilansir KompasTekno dari Ars Technica, Jumat (25/9/2015), fitur App Slicing bekerja memilah-milah aset yang menyusun sebuah aplikasi, sehingga pengguna cuma mengunduh aset yang dibutuhkan perangkat genggamnya.

Misalnya, pengguna mengunduh sebuah aplikasi untuk iPhone 5. Dengan App Slicing dipastikan bahwa gambar dan kode yang diunduh hanya milik iPhone 5 saja sehingga ukurannya lebih kecil.

Bila tanpa App Slicing, seperti yang terjadi selama ini, pengguna iPhone 5 yang mengunduh sebuah aplikasi akan mendapatkan gambar sampai kode pemrograman milik iPhone lain. Sehingga ukuran apikasi menjadi lebih besar.

Saat ini bug yang ada di iCloud menghambat penggunaan fitur App Slicing tersebut. Efeknya dapat dirasakan oleh pengguna yang memulihkan data aplikasi miliknya melalui sistem penyimpanan awan itu.

Contohnya pengguna yang sebelumnya memakai iPhone 5 berganti ke iPhone 6. Saat dia mengunduh backup data di iCloud, bug itu membuat data yang dikirimkan hanya milik iPhone 5 sehingga aplikasi tersebut tidak akan cocok dipakai di iPhone 6 miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com