Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berubah-ubah, Kapan Sebenarnya Ulang Tahun Google?

Kompas.com - 27/09/2015, 10:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Melihat koleksi doodle ulang tahun Google dengan tanggal yang berbeda-beda jadi menimbulkan pertanyaan, kapan sebenarnya raksasa teknologi tersebut berulang tahun?

Pasalnya, menurut halaman Wikipedia, Google didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Namun, di doodle Google yang memperingati ulang tahun ke-5 tertulis tanggal 8 September 2003.

Setahun kemudian, ulang tahun Google ke-6 dirayakan dengan doodle istimewa pada 7 September 2004. Pada 2005, ulang tahun Google dirayakan pada 26 September.

Jadi, kapan ulang tahun Google yang sebenarnya?

Dikutip KompasTekno dari IBN Live, Minggu (27/9/2015), pada awal-awal berdirinya, raksasa teknologi itu memperingati hari lahirnya pada 7 September. Tanggal tersebut dianggap sebagai tanggal berdirinya perusahaan.

Namun, tanggal itu belakangan berubah, dan Google menyatakan bahwa 4 September adalah tanggal berdirinya perusahaan.

Pada 2005, tanggal ulang tahun Google diundur menjadi 27 September. Tanggal itu dipilih oleh Google sebagai hari jadinya agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya saat itu.

Kini, jika kita mengetik "when is google's birthday" di kolom pencarian Google, mesin pencari tersebut akan menampilkan tanggal 27 September, disertai penjelasan seperti di atas.

Pada ulang tahun ke-17 pada hari Minggu (27/9/2015) ini, Google merayakannya dengan doodle khusus yang dipajang di halaman utamanya, google.com. Bila diklik, halaman pencarian akan menampilkan hasil pencarian "Kapan ulang tahun Google?".

Doodle tersebut terdiri atas monitor komputer jadul dengan tampilan halaman HTML awal Google berlogo lama, dua balon, kotak drawer dengan set yang menyerupai Lego di atasnya, lampu lava, dan kabel yang melilit seolah membentuk huruf "e".

Topi kerucut ulang tahun berwarna biru di atas monitor CRT dan boneka penguin kecil di sampingnya mempermanis doodle ulang tahun tersebut.

Google didirikan oleh dua sahabat, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya membangun Google saat masih kuliah di Stanford University. Alamat "Google.com" terdaftar sejak 15 September 1997.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com