Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal Peluncuran Android 6 Marshmallow Terungkap

Kompas.com - 28/09/2015, 09:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber GSM Arena
KOMPAS.com - Versi sistem operasi Android terbaru, 6.0 Marshmallow akan diluncurkan Google pada 5 Oktober mendatang.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh operator seluler Kanada, Telus yang mengungkap jadwal update Android 6.0 Marshmallow untuk perangkat Nexus 5 dan Nexus 6. Dua perangkat smartpohne itulah yang akan mendapatkan OS Android terbaru dari Google.

Namun, dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (25/9/2015), tanggal peluncuran tersebut masih bersifat tentatif, dan sewaktu-waktu bisa berubah. Jadwal peluncuran tersebut bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Perangkat baru Nexus sendiri rencananya baru akan diumumkan oleh Google pada 29 September mendatang dan akan mengusung OS Android 6 Marshmallow secara out-of-the-box.

Ada dua vendor yang digandeng Google dalam membuat perangkat Nexus, yaitu LG dan Huawei, masing-masing dengan nama Nexus 5X dan Nexus 6P.

Android 6 Marshmallow diumumkan Google pada Agustus lalu dengan fitur-fiturnya antara lain berupa penguatan sistem keamanan. Pengguna bisa memilih untuk menolak atau menerima permintaan akses keamanan dari aplikasi yang dipasang ke perangkatnya.

Mereka juga memperbarui peramban Chrome dengan fitur bernama Custom Tabs. Fitur ini berguna agar pengembang aplikasi bisa menyematkan halaman web dalam aplikasi mereka.

Kemudian disebutkan juga soal fitur bernama Doze, yaitu sebuah pengelola daya yang dipakai ponsel. Misalnya, jika ponsel sedang tidak digunakan sama sekali, Doze akan otomatis mematikan aplikasi yang aktif.

Android Marshamallow ini juga dibekali dengan dukungan terhadap pemindai sidik jari, menyederhanakan pengendalian volume juga dukungan untuk USB tipe C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com