Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review: Vivo X5Pro, Android dengan Audio Kelas Atas

Kompas.com - 28/09/2015, 10:22 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Nama Vivo memang belum terlalu tenar di industri smartphone Indonesia. Perusahaan asal China ini memang lebih dikenal sebagai produsen perangkat audio.

Namun, siapa sangka Vivo ternyata sudah merilis berbagai seri smartphone di Tanah Air. Salah satunya adalah Vivo X5Pro.

Hadir dengan tagline "Hi-Fi & Smart", smartphone tersebut menawarkan satu hal yang tidak dimiliki merek lain. Ia dilengkapi dengan chip audio mandiri yang diklaim mampu menghadirkan detail-detail suara lebih baik.

Tampaknya, Vivo memang ingin menunjukkan keahlian audionya melalui perangkat yang satu ini. Untuk mengetahui lebih detail soal Vivo X5Pro, berikut ini ulasan selengkapnya.

Desain Vivo X5Pro

Harus diakui, Vivo X5Pro punya desain fisik yang tangguh. Saat digenggam, ia terasa sangat kokoh. Dapat dikatakan, cukup nyaman memegang perangkat tersebut.

Vivo X5Pro memiliki bentuk yang sangat mirip dengan iPhone 6. Kemiripan tersebut terlihat di bagian sudut-sudutnya yang membulat, layar 2.5D yang bagian tepinya sedikit melengkung, letak speaker yang ada di bagian bawah, dan warna putih susu di bagian depan. Semuanya merujuk pada ponsel buatan Apple tersebut.

Meskipun begitu, Vivo X5Pro berhasil tampil dengan dimensi yang sedikit lebih langsing ketimbang iPhone 6, bahkan Galaxy S6. Perangkat tersebut memiliki ketebalan hanya 6.4 mm. Sementara itu, iPhone 6 memiliki ketebalan 6,9 mm dan Samsung Galaxy S6 memiliki ketebalan 6,8 mm.

Untuk urusan layar, Vivo membekali X5Pro dengan layar Super Amoled berbentang 5 inci. Layar ini mendukung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel dan dilindungi dengan kaca Gorilla 2.5D dari Corning. Tingkat kerapatannya cukup tajam, yakni mencapai 424 piksel per inci.

Berkat kombinasi jenis layar dan dukungan resolusi, Vivo X5Pro berhasil menyuguhkan warna yang jernih dan jelas, tanpa ada saturasi yang berlebihan. Baik untuk bermain game atau menonton film, warna yang dihasilkan sudah cukup memanjakan mata.

Kemudian, di bagian bawah layar, ditemukan tiga tombol kapasitif. Jika menekan tombol kiri, layar akan menampilkan menu Setting dari aplikasi yang sedang dijalankan. Tombol di bagian tengah berfungsi untuk membawa pengguna ke bagian Home dan tombol kanan adalah berfungsi sebagai Back atau kembali.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Vivo X5Pro tampak kanan

Ada dua tombol fisik di smartphone Vivo ini, yaitu volume dan on/off yang diletakkan di tepi kanan. Masih di sisi kanan, pengguna akan menemukan slot kartu SIM dan MicroSD.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Vivo X5Pro dilengkapi dengan dukungan dual kartu SIM

Anda bisa menggunakan dua kartu SIM di ponsel ini. Namun, pengguna bisa juga mengganti salah satu kartu SIM dengan kartu memori tambahan. Jika ingin melengkapinya dengan kartu memori tambahan, Anda harus mengorbankan slot kartu SIM kedua. Slot tersebut bisa diisi dengan kartu memori hingga 128 GB.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Vivo X5 Pro tampak belakang

Beralih ke bagian belakang, mulai dari atas ke bawah, pengguna bisa menemukan kamera 13 megapiksel yang berdampingan dengan lampu flash LED. Kemudian ada logo Vivo tepat di bagian tengah dan tulisan "vivo X5Pro Designed by vivo. vivo Mobile Communication Co., Ltd," di bagian bawahnya. Sekali lagi, mirip dengan produk buatan Apple.

Cangkang bagian belakangnya terlihat kokoh dengan material kaca. Bahan ini, menariknya, tidak begitu licin ketika digenggam. Namun, Anda harus tetap berhati-hati agar perangkat tersebut tidak terjatuh saat dipegang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com