Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Facebook Desak PBB Masukkan Internet sebagai Prioritas Dunia

Kompas.com - 28/09/2015, 13:47 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Facebook
KOMPAS.com — CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara di depan perwakilan negara-negara anggota PBB tentang pentingnya akses internet bagi seluruh umat manusia.

Pada ajang General Assembly tahunan PBB yang ke-70, Zuckerberg berbicara di dua kesempatan, yaitu di konferensi UN Sustainable Development dan UN Private Sector Forum, yang juga dihadiri Sekjen PBB Ban Ki-moon.

"Menghubungkan dunia adalah salah satu tantangan mendasar bagi generasi kita saat ini," ujar Zuckerberg di halaman Facebook resminya, Sabtu (26/9/2015).

Zuckerberg juga mengatakan bahwa akses internet juga penting dan bisa dipakai sebagai jalan untuk mencapai tujuan-tujuan kemanusiaan yang telah ditetapkan negara-negara anggota PBB.

Untuk itulah, Zuckerberg berinisiatif membuat gerakan kampanye yang diberi nama ONE, yang diklaim olehnya didukung oleh yayasan-yayasan kemanusiaan besar serta tokoh-tokoh berpengaruh.

Di antara yayasan-yayasan kemanusiaan dan tokoh berpengaruh pendukung ONE antara lain adalah Bill & Melinda Gates Foundation, TED, United Nation Foundation, Bono, Richard Branson, Shakira, Charlize Theron, dan masih banyak lagi.

"Dengan memberi akses kepada perangkat, pengetahuan, dan kesempatan mengakses internet, kita bisa menyuarakan yang tak bersuara, dan memberi kekuatan kepada yang lemah," tulis Zuckerberg.

Internet juga dikatakan oleh Zuckerberg sebagai peranti vital untuk memberikan pekerjaan. Menurut penelitian, setiap 10 orang yang terhubung dengan internet, satu di antaranya mentas dari kemiskinan.

"Jika kita menghubungkan 4 miliar orang yang belum online, maka kita bisa membuat sejarah untuk mengangkat dunia dalam beberapa dekade mendatang," ujarnya.

Inisiatif ONE diklam Zuckerberg telah didukung oleh berbagai negara peserta PBB dan dimasukkan ke dalam Global Goals (Tujuan Dunia) yang harus diraih pada 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com