Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Cara Ganti Kebiasaan Sia-sia Anda Memakai "Smartphone"!

Kompas.com - 29/09/2015, 17:11 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com – Ponsel pintar bisa mengubah kehidupan Anda jika dimanfaatkan secara maksimal. Tengok inovasi yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of California San Diego tahun 2012.

Dengan bantuan sebuah aplikasi ponsel, warga San Diego dapat melihat tingkat polusi pada daerahnya. Sensor akan mendeteksi kandungan karbon monoksida, ozon, dan nitrogen oksida yang dibawa oleh kendaraan bermotor. Data kemudian akan dikirim melalui Bluetooth pada ponsel.

Utamanya fungsi tersebut ditujukan untuk para penderita asma, orang tua, anak-anak, dan atlet. Diharapkan pada program ini akan membantu warga mengantisipasi penyebab penyakit pernafasan dan meningkatkan kesehatan.

Mengacu pada pengalaman itu, Anda pun dapat menuai keuntungan dengan mengubah sudut pandang dalam menggunakan smartphone. Tidak perlu langkah revolusioner, cukup mulai dari kebiasaan kecil pemakaian. Berikut beberapa tips menarik yang bisa Anda ambil:

Utamakan kewajiban

Smartphone atau ponsel pintar disebut "pintar" karena kemampuannya merangkum semua kebutuhan pengguna. Anda punya lebih dari sekadar akses ke media sosial atau ragam pengirim pesan.

Tentu saja, jika sebelumnya Anda terbiasa meletakkan shortcut media sosial pada halaman depan, kini tak ada salahnya menukar posisi dengan aplikasi yang lebih produktif, misalnya email, pencatat digital atau aplikasi olahraga.

Langkah itu bisa mengurangi frekuensi membuka media sosial dan meningkatkan keinginan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Contohnya, melihat email kantor terlebih dahulu di pagi hari membuat Anda dapat menyelesaikan kewajiban alih-alih cuma memperbarui status di media sosial.

Jangan Cuma “selfie”

Kamera pada ponsel Anda tidak hanya berguna untuk menangkap gambar diri serta pesona alam. Sekali waktu, jepret isi kulkas atau dapur sebagai pengingat kebutuhan rumah tangga yang habis dan harus dibeli.

Anda juga bisa memanfaatkan fungsi pindai pada kamera smartphone. Ya, banyak dari kita tidak menyadari kelebihan satu ini. Kebiasaan memindai dokumen penting atau mungkin kartu nama rekan kerja dapat membantu Anda terhindar dari kehilangan. Pasalnya, semua data telah tersimpan secara digital.

Bawa pekerjaan Anda

Terlalu banyak bekerja memang tidak baik. Namun, memaksimalkan waktu kerja satu hari akan menambah jam istirahat Anda.

Cicil pekerjaan hari ini dalam perjalanan ke kantor. Sebenarnya hal ini sudah lumrah dilakukan karena begitu banyak smartphone yang menyediakan fasilitasnya, seperti paket aplikasi kantoran atau untuk desain gambar.

Alternatif lainnya, berikan ringtone khusus untuk rekan atau grup kantor. Melakukan hal ini mampu menolong untuk lebih fokus di hari kerja. Ketika notifikasi pada ponsel berbunyi, Anda sudah tahu mana yang harus diabaikan dan tidak.

Shutterstock Ilustrasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com