Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buronan Spion AS Itu Kini Punya Akun Twitter

Kompas.com - 30/09/2015, 16:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - "Bisakah Anda dengar saya sekarang?" bunyi kicauan perdana dari Edward Snowden. Pria yang kondang karena membocorkan rahasia dinas intel AS ini sekarang memang telah memiliki akun Twitter resmi dengan handle @Snowden.

Dirangkum KompasTekno dari BBC, Rabu (30/9/2015), Snowden pertama kali menggunggah tweet pada Selasa kemarin.

Sejauh ini baru tujuh buah tweet yang diunggahnya. Namun, jumlah pengikut Snowden sudah membengkak. Pantauan Kompas Tekno, pada Rabu sore jumlah follower akun yang terverifikasi itu sudah mencapai kisaran 800 ribu.

Pesatnya pertumbuhan follower Snowden itu diilustrasikan oleh pihak Twitter dalam satu animasi gif di akun resmi Twitter.

Sebaliknya, hanya satu akun saja yang diikuti oleh Snowden, yakni milik dinas intel National Security Agency (NSA) yang kegiatan mata-matanya dibocorkan oleh Snowden.

Dalam deskripsi profil singkatnya, Snowden menulis bahwa dulu ia bekerja untuk pemerintah (AS), namun sekarang bekerja untuk publik sebagai direktur di @FreedomofPress.

"Sementara itu, seribuan orang di Fort Meade (pusat intelejen dan pertahanan AS) sedang sibuk membuka Twitter," tulis Snowden dalam sebuah tweet yang bernada menyindir pemerintah AS.

Snowden sendiri saat ini masih berstatus buron dan sedang diburu oleh pemerintah AS. Dia kini diyakini tinggal di kota Moskow, Rusia, untuk menghindari jerat hukum di negeri asalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com