Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Ingin Rangkul Lebih Banyak "Mobile Commerce"

Kompas.com - 01/10/2015, 09:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat ingin bermitra dengan lebih banyak marketplace. Menurut CEO Indosat Alex Rusli, bisnis digital memang menjadi fokus operator bernuansa kuning tersebut.

"Nanti bisa tiga atau empat mobile commerce yang kami gandeng. Kan tidak semuanya bakal jadi. Tapi untuk berkembang harus kami dukung," kata Alex usai membuka rangkaian acara "Indosat IDByte 2015", Rabu (30/9/2015) di @america, Pacific Place.

Saat ini, Indosat telah bermitra dengan "Cipika". Marketplace tersebut menyediakan penjualan barang lintas kebutuhan layaknya Lazada, Zalora, dan Tokopedia.

Walau Cipika kerap disebut sebagai anak usaha Indosat, Alex lebih memilih menyebut model bisnis antar kedua perusahaan sebagai kemitraan.

"Modelnya kemitraan. Kami (Indosat) tidak membuat layanan penjualan. Tapi kami akan menggandeng mobile commerce yang lebih besar untuk sama-sama berkembang," ia menjelaskan.

Menurut Alex, masa depan bisnis semakin mengarah ke pemanfaatan teknologi. Untuk itu, sebagai layanan operator yang mengakomodir konektivitas, Indosat ingin pula berkontribusi pada bisnis berbasis internet.

"Banyak upaya yang kami lakukan untuk membangun ekosistem bisnis digital. Ada Internet.org untuk jangkauan internet ke pelosok, bundling headset supaya lebih banyak orang pakai internet dan dukungan ke startup," ia mengklaim.

Saat ini, Alex menganggap ekosistem startup perlu dorongan lebih dari pemerintah. Mulai dari infrastruktur yang mumpuni untuk mengundang minat investor hingga kebijakan yang lebih memudahkan pertumbuhan usaha rintisan berbasis digital.

"Karena masalah sekarang sudah tidak bisa diselesaikan dengan pola pikir lama. Dibutuhkan orang-orang kreatif dan teknologi mumpuni untuk berkolaborasi," ia menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com