Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OS X 10.11 El Capitan Sudah Bisa Diunduh

Kompas.com - 01/10/2015, 10:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple merilis update sistem operasi OS X 10.11 El Capitan untuk perangkat komputer Mac, Kamis (1/10/2015), dan pengguna sudah bisa mengunduhnya sekarang.

El Capitan yang pertama kali diperkenalkan di ajang Apple Worldwide Developers Conference di awal tahun ini lebih ditujukan untuk meningkatkan performa, alih-alih penambahan fitur.

Beberapa peningkatan yang diberikan Apple antara lain adalah fitur Metal for Mac, API grafis yang ringan yang juga diperkenalkan Apple di perangkat mobile-nya iOS 8.

Teorinya, fitur tersebut memungkinkan pengembang membuat software yang butuh daya GPU tinggi namun bisa dijalankan dengan spesifikasi hardware yang rendah.

Fitur lain yang diperkenalkan Apple dalam El Capitan adalah tampilan Split View full-screen dan pencarian yang lebih pintar (context-sensitive) dalam fitur pencarian Spotlight.

Sebagai contoh, pengguna kini bisa mengetik keyword layaknya berbicara dengan sistem operasi, seperti mengetik "email from July" di kotak pencarian Spotlight dan hasilnya bisa ditampilkan secara cepat.

Pencarian dengan bahasa ragam wicara ini ke depannya diharapkan oleh Apple bisa diintegrasikan dengan fitur asisten pribadi Siri dalam Mac.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (1/10/2015), selama perangkat Mac yang dimiliki di atas keluaran 2007, maka besar kemungkinannya cocok dengan El Capitan.

Untuk melakukan update, bisa melalui App Store di Mac lalu membuka bagian Updates, atau klik logo Apple di pojok kiri atas layar, pilih "About This Mac" dan klik "Software Update."

OS X 10.11 El Capitan kini tersedia untuk platform-platform berikut ini:

- iMac Pertengahan 2007 ke atas)
- MacBook (versi 13 inci aluminum atau yang lebih baru)
- MacBook Pro (12 inci keluaran pertengahan 2009 atau yang terbaru, 15 inci keluaran pertengahan 2007 atau yang terbaru, 17 inci keluaran akhir 2007 ke atas)
- MacBook Air (keluaran akhir 2008 ke atas)
- Mac Mini (Keluaran awal 2009 ke atas)
- Mac Pro (Keluaran awal 2008 ke atas)
- Xserve (keluaran awal 2009)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com