Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkar Apple TV, Situs Bongkar-Pasang "Dihukum"

Kompas.com - 01/10/2015, 15:44 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi milik iFixit mendadak menghilang dari toko digital App Store milik Apple. Ada apa gerangan?

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Kamis (1/10/2015), keputusan menarik aplikasi milik situs bongkar-pasang gadget itu disebabkan kesalahan iFixit sendiri.

Situs tersebut membongkar dan menunjukkan hasil bongkaran Apple TV generasi terbaru, yang bahkan belum dirilis ke pasar. Anggota dari iFixit diketahui menggunakan akun developer untuk mendapatkan perangkat Apple TV terbaru tersebut.

Sekadar informasi, Apple memang sudah melepas Apple TV kepada beberapa developer terpilih.

Apple sendiri memiliki sebuah peraturan terkait dengan produk yang diserahkan kepada developer. Perangkat semacam ini seharusnya hanya boleh digunakan untuk kepentingan pembuatan dan masalah kompatibilitas aplikasi saja. Tidak boleh lebih dari itu.

Akan tetapi, pihak iFixit tampaknya memang sudah tidak sabar untuk memperlihatkan hasil bongkar-bongkaran perangkat tersebut.

"Beberapa waktu lalu, kami membongkar Apple TV dan Siri Remote. Unit developer yang kami bongkar dikirimkan oleh Apple. Rupanya, perangkat tersebut tidak seharusnya untuk dibongkar," tulis iFixit dalam blog resminya.

"Tetapi kami adalah perusahaan pembongkar dan perbaikan; membongkar ada di DNA kami," lanjutnya.

Masih belum diketahui kapan aplikasi milik iFixit bakal kembali ke App Store. Meskipun begitu, pengguna iOS masih bisa menikmati konten iFixit melalui situs resminya.

"Harga" yang harus dibayar akibat pelanggaran itu memang hanya sekadar penarikan aplikasi saja. Akan tetapi, berdasarkan kasus tersebut, developer lain akan lebih berhati-hati untuk mempublikasikan produk versi developer yang dipegangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com