Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain Game Bantu Daya Ingat Lansia

Kompas.com - 04/10/2015, 20:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Bagi anak kecil dan remaja, bermain game bisa jadi pengganggu konsentrasi belajar. Pada umur tertentu, game tak ubahnya candu yang berpotensi membuat seseorang lupa waktu belajar, makan bahkan tidur.

Pun begitu, seperti banyak hal, game punya dua sisi. Tak melulu berdampak negatif, game juga memiliki banyak dampak positif. Apalagi jika jenis game yang dimainkan mampu merangsang daya pikir otak manusia, seperti game NeuroRacer.

Dilansir KompasTekno, Sabtu (3/10/2015) dari WSJ, tim peneliti dari University of California, Amerika Serikat menunjukkan, memainkan game yang menantang bisa meningkatkan kemampuan otak seseorang.

Bahkan, bagi mereka yang berusia lanjut (65 hingga 85 tahun) memainkan game menantang bisa merangsang kemampuan otak agar tak cepat lemah, layaknya orang tua normal pada umumnya.

Penelitian yang dilakukan mengharuskan para orang tua bermain game NeuroRacer secara rutin dalam kurun waktu 6 bulan. Setelahnya, kemampuan ingatan para objek penelitian terbukti meningkat.

"Mereka lebih berkonsentrasi dan memiliki ingatan lebih baik, misalnya dalam mengingat nomor telepon," kata perwakilan tim peneliti.

Game lainnya, seperti War Thunder, juga dikatakan bisa meningkatkan daya konsentrasi para lansia.

Dengan ini, hasil penelitian memberitahu bahwa game seyogyanya tak semata-mata dipandang sebagai distraksi. Namun juga dapat dimaknai sebagai media hiburan yang merangsang kemampuan otak manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com