Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Blokir Iklan Bantu Hemat Paket Data

Kompas.com - 06/10/2015, 07:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Beberapa waktu lalu, Apple telah mengizinkan aplikasi pemblokir iklan (adblocker) untuk berjalan di sistem operasi iOS untuk iPhone dan iPad. Selain untuk memblokir iklan, ternyata aplikasi tersebut juga bisa menghemat paket data internet.

Hal tersebut terungkap lewat riset yang dilakukan oleh The New York Times yang menggunakan iPhone 6 dengan dipasangi tiga aplikasi pemblokir iklan berbeda, Plurify, Crystal, dan 1Blocker.

Percobaan dilakukan dengan menghitung jumlah data yang terpakai untuk mengunjungi 50 website berita dan website-website populer lainnya dengan aplikasi pemblokir iklan yang aktif dan tidak diaktifkan.

Jumlah data tersebut kemudian dipakai untuk patokan dalam menghitung waktu loading halaman di jaringan 4G.

Percobaan lain yang dilakukan fokus pada daya tahan baterai yang dipakai untuk browsing dengan menampilkan iklan dan tidak.

Menurut The New York Times, seperti dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (5/10/2015), sejumlah website yang memiliki banyak iklan mobile, jumlah data per halamannya jadi menurun drastis, waktu loading halamannya juga meningkat saat adblocker diaktifkan.

Sebagai contoh, halaman muka situs Boston.com memiliki ukuran 19,4 MB untuk dibuka secara penuh. Dengan aplikasi adblocker diaktifkan, ukuran tersebut bisa berkurang menjadi hanya 4 hingga 4,5 MB.

"Di jaringan 4G, maka halaman tersebut bisa dibuka dalam waktu 39 detik dengan iklan dan delapan detik tanpa iklan," demikian tulis The New York Times.

Di AS, dengan paket data yang terpakai lebih sedikit, pengguna bisa menghemat hingga 9,5 dollar AS (sekitar Rp 14.000) per bulannya jika mengunjungi website yang sama.

Daya tahan baterai iPhone 6 juga diklaim The New York Times bertahan sedikit lebih lama dengan mengaktifkan aplikasi adblocker, yaitu meningkat 21 persen.

Namun, perlu diingat, daya tahan baterai iPhone 6 tersebut hanya diuji untuk keperluan browsing saja, belum termasuk aktivitas lainnya.

Namun, The New York Times juga mewanti-wanti bahwa dengan adblocker diaktifkan, waktu loading halaman bisa berbeda-beda dan kadang ada konten web yang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com