Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Facebook Luncurkan Satelit Penyebar Internet Gratis

Kompas.com - 06/10/2015, 12:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BBC
KOMPAS.com — Facebook mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan satelit yang memberikan akses internet bagi penduduk Afrika.

Bekerja sama dengan perusahaan provider internet berbasis di Perancis, Facebook berharap satelit itu bisa diluncurkan pada tahun 2016.

"Kami akan tetap berupaya untuk menghubungkan seluruh dunia (dengan internet), tak peduli jika kami harus keluar planet sekalipun," tulis CEO Facebook, Mark Zuckerberg, di akun Facebook-nya, Senin (5/10/2015).

Proyek satelit internet bagi warga Afrika tersebut merupakan bagian dari proyek Internet.org yang diluncurkan Facebook.

Proyek yang kini berubah nama menjadi Free Basics tersebut sempat mendapatkan kritik di beberapa negara, seperti India. Di negara itu, Facebook dianggap bersaing dengan tidak kompetitif oleh provider internet karena memberikan koneksi internet gratis.

Sebelumnya, Facebook juga telah mengerjakan proyek drone seukuran pesawat jumbo jet yang bisa memancarkan sinyal internet dari udara.

Inisiatif terbaru Facebook kali ini menggunakan teknologi satelit untuk memberikan akses internet murah.

"Untuk menghubungkan penduduk di wilayah terpencil, infrastruktur tradisional sulit untuk dibangun di sana. Karena itu, kami butuh teknologi baru," kata Zuckerberg, dikutip KompasTekno dari BBC, Selasa (6/10/2015).

Beberapa perusahaan penyedia internet di dunia telah memberikan koneksi internet dengan satelit. Namun, saat ini harganya masih mahal, terutama bagi penduduk di negara yang sedang berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com