Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Ingin Percepat Waktu "Loading" Situs Mobile

Kompas.com - 08/10/2015, 15:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google mengumumkan proyek baru bernama Accelerated Mobile Pages (AMP) yang bertujuan mempercepat loading halaman situs mobile.

Raksasa mesin pencari itu merancang AMP sebagai sebuah proyek open source, yang artinya bisa dipakai siapapun tanpa menyematkan branding. Tujuan utama mereka untuk mempercepat proses membuka sebuah situs mobile yang diakses melalui browser di ponsel.

Desas-desus yang beredar mengklaim bahwa Google sudah memulai proyek ini sejak sebulan lalu. Mereka juga sudah merilis halaman khusus di situs developer GitHub, namun di sana disebutkan bahwa AMP masih dalam tahap preview.

"Kami ingin situs yang kaya akan konten seperti video, animasi, dan grafis bisa berfungsi bersama smart ads, serta bisa dibuka secara instan," tulis Google dalam blog resminya.

"Kami juga menginginkan satu kode yang sama bisa digunakan di berbagai platform sehinga konten bisa dibuka dengan cepat dimanapun, apapun jenis ponsel, tablet atau perangkat genggam yang dipakai," imbuhnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Venture Beat, Kamis (8/10/2015), proyek AMP mirip dengan Instant Article buatan Facebook. Keduanya sama-sama mempercepat loading konten sebuah situs.

Namun dari sisi cara kerja, proyek AMP punya mekanisme yang berbeda. Google tidak menjadi host bagi konten milik penerbit, melainkan mengandalkan cache khusus.

Halaman web disimpan dalam cache sehingga proses menampilkan halaman tersebut bisa lebih cepat. Mekanisme ini juga mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mengambil konten dari sumber dan menghadirkannya ke pengguna.

Saat ini, Google sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah penerbit atau perusahaan internet lain untuk mengembangkan proyek AMP. Mereka adalah Twitter, Pinterest, BuzzFeed, Hearst, The New York Times, The Economist, Time, Gannett, serta BBC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com