Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Gelar Balapan ke Bulan Berhadiah Rp 400 Miliar

Kompas.com - 09/10/2015, 11:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com — Google selama ini menyimpan ambisi untuk membuat perjalanan ke Bulan menjadi sesuatu yang murah dan mudah. Demi mewujudkannya, mereka mengadakan sebuah kompetisi bernama Xprize.

Kini, sebuah perusahaan non-profit bernama SpaceIL telah mengumumkan niatnya untuk menjadi yang pertama meluncurkan kendaraan penjelajah Bulan. Tujuannya tentu saja memenangi kompetisi Xprize dan membawa pulang hadiah bernilai total 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 415 miliar.

Hadiah tersebut dibagi menjadi 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 277 miliar untuk peraih peringkat pertama, 5 juta dollar AS atau Rp 69 miliar untuk peraih peringkat kedua, dan sisanya akan dibagi rata ke semua tim yang ikut serta dalam kompetisi.

Dilansir KompasTekno dari The Next Web, Jumat (9/10/2015), agar bisa menjadi juara, tim yang ikut dalam kompetisi jelajah antarika itu mesti menyelesaikan sejumlah tantangan.
 
Mereka harus membuat kendaraan penjelajah dengan dana sendiri, mendaratkan kendaraan tersebut, mentransmisikan video serta foto berkualitas high definition (HD), dan bergerak sejauh 500 meter. Tim tersebut juga akan diminta membuktikan bahwa 90 persen mereka berasal dari swasta.

"Skala capaian ini tidak bisa dilebih-lebihkan. Ini mewakili sebuah komitmen besar organisasi swasta yang tak pernah ada sebelumnya dan membuka sebuah kompetisi menarik untuk membuat kontrak peluncuran bagi 15 tim peserta," ujar Vice Chairman and President of Xprize.

"Kompetisi ini membuat kami semua di Xprize dan Google bisa dengan bangga mengatakan, 'Lomba menuju antariksa yang baru sudah mulai!'" imbuhnya.

SpaceIL, perusahaan pertama yang akan meluncurkan kendaraan penjelajah bulan itu, bukanlah peserta semata wayang. Tim lain masih punya kesempatan untuk mengonfirmasi waktu peluncuran sebelum tahun 2016 berakhir.

Semua misi tersebut harus tuntas pada akhir 2017 nanti. Bila SpaceIL berhasil, mereka akan menjalani misi ke Bulan pertama yang didanai oleh pihak swasta.

Kendaraan jelajah antariksa milik SpaceIL akan diterbangkan menggunakan SpaceX Falcon 9 pada paruh kedua 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com