Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Lapangan, Internet 5G Sentuh Kecepatan 3,6 Gbps

Kompas.com - 12/10/2015, 13:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Akhirnya uji coba teknologi 5G tidak lagi sebatas dalam laboratorium saja. Huawei dan NTT Docomo membawa uji coba tersebut ke dunia nyata dan berhasil menyalakan internet berkecepatan 3,6 Gbps.

Uji coba tersebut mereka lalukan di Jepang menggunakan frekuensi 6 GHz. Karena memang dilakukan di luar laboratorium, hasilnya menunjukkan bahwa kecepatan 5G itu bisa benar-benar diimplementasikan.

"Sebagai uji coba dalam lingkungan besar yang pertama kali sukses di dunia, ini merupakan catatan penting. Hal seperti ini benar-benar mendorong semangat, seiring industri mulai bersiap menerapkan 5G pada 2020," komentar Vice President of 5G NTT Docomo Takehiro Nakamura.

Selain Huawei dan NTT Docomo, sebelumnya juga sudah ada beberapa uji coba 5G yang dilakukan. Bedanya, uji coba tersebut diselenggarakan dalam laboratorium.

Salah satunya adalah Nokia dan Samsung yang membuat infrastruktur baru untuk bisa mencapai teknologi jaringan 5G. Ada juga Verizon yang mengatakan akan mulai mengembangkannya secara komersil pada 2017.

Verizon sudah mengumumkan bahwa tahun depan mereka akan mulai melakukan uji lapangan terkait 5G. Untuk menuju ke sana, mereka bekerja sama dengan Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcom dan Samsung.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (11/10/2015), menurut International Telecommunication Union (ITU), kecepatan 5G mesti mencapai 20 Gbps.

Hal itu dapat dibayangkan severti ini, bila kecepatan 33 Mbps membutuhkan beberapa menit untuk mengunduh film, teknologi 5G bisa melakukannya dalam satu kedipan mata. Namun hal itu masih secara teori saja karena saat implementasi di dunia nyata biasanya ada faktor lain yang berpengaruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com