Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blackberry Bakal Untung, Kalau Bisa Jual 5 Juta Ponsel

Kompas.com - 12/10/2015, 16:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Blackberry punya PR penting yang mesti diselesaikan untuk bisa mendapatkan untung dari bisnis ponsel, yaitu mereka mesti menjual minimal 5 juta ponsel per tahun.

Chief Executive Officer Blackberry John Chen mengatakan angka tersebut menjadi target yang harus mereka penuhi mulai tahun ini. Bila gagal, bisa saja perusahaan asal Kanada itu berhenti berjualan ponsel.

Menjual 5 juta ponsel per tahun kelihatan sebagai target yang kecil bagi perusahaan seperti Samsung atau Apple. Sedangkan bagi Blackberry, angka tersebut adalah yang paling dekat dan mesti dijangkau agar bisa menyelamatkan bisnis ponselnya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Minggu (11/10/2015), angka penjualan mereka pada kuartal terakhir tercatat hanya 800 ribu ponsel. Harapan mereka untuk mendongkrak angka tersebut kini bertumpu pada Blackberry Priv yang akan meluncur sebelum 2015 habis.

Blackberry Priv adalah satu-satunya ponsel buatan mereka yang menggunakan sistem operasi Android, bukan BB10. Kendati demikian, mereka tetap menyelipkan teknologi keamanan khasnya.

Menurut Chen, teknologi keamanan di Priv saat ini masih setingkat dengan Samsung Knox. Namun Blackberry Android itu dibekali tambahan kelebihan seperti baterai dan antena yang lebih bagus, keyboard fisik serta spesifikasi high end lainnya.

Meskipun sudah memiliki Priv, Chen tidak mengatakan bahwa mereka akan berhenti memproduksi ponsel bersistem operasi BB10. Ponsel tersebut hingga kini masih laku di kalangan yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi, seperti pemerintah atau rumah sakit.

Blackberry akan tetap mendukung pembaruan piranti lunak untuk ponsel lawasnya, tapi sebagai gantinya mereka tidak akan sering-sering merilis ponsel baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com