Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC Windows 10 Acer Bisa Berubah Jadi Tablet Raksasa

Kompas.com - 13/10/2015, 15:12 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Industri PC yang tengah lesu dihantam "badai" perangkat mobile tak membuat vendor hardware seperti Acer berhenti berinovasi. Perusahaan asal Taiwan ini menawarkan perangkat PC yang bisa diterima sebagai gadget oleh penggunanya.

Adalah Aspire Z3-700 yang dirancang Acer sebagai perangkat "all in one" PC yang juga bisa difungsikan sebagai tablet. Saat menjadi gadget, komputer dekstop ini bertranformasi menjadi tablet raksasa dengan ukuran layar 17,3 inci.

Produk ultra large tablet sejenis baru saja diluncurkan oleh Microsoft yaitu Surface Book. Namun, laptop perdana Microsoft yang bisa menjadi tablet tersebut hanya berlayar 13 inci.

Perangkat ini tentu saja bukan untuk menyaingi Surface Book karena hubungan Acer dan Microsoft cukup erat terutama dalam pembuatan perangkat berbasis Windows 10.

"Kami bekerja bersama dengan tim Acer untuk merancang produk-produk terbaru yang menjamin pengguna kami dapat menikmati sistem operasi Windows 10," kata Microsoft Corporate VP Terrry Myerson dalam acara peluncuran produk Windows 10 Acer di Taipei, Taiwan, Senin (12/10/2015).

Sebagai perangkat "mobile", Aspire Z3-700 cukup unik karena ia merupakan komputer desktop yang dibekali baterai layaknya tablet. Kapasitas baterai perangkat Windows 10 ini cukup menghidupi perangkat selama lima jam tanpa henti.

Reza Wahyudi/ Kompas.com Acer Aspire Z3-700

Dengan sistem operasi Windows 10, Aspire Z3 bisa dalam sekejap berganti-ganti peranan dan tampilan menjadi PC atau tablet.

Sebagai perangkat PC desktop, Aspire menggunakan keyboard fisik dan mouse sebagai alat input. Layar beresolusi 1080p yang dimilikinya juga tetap bisa disentuh sebagai alat input tambahan. Ada penopang (kick stand) di belakang layar agar Aspire Z3 bisa berdiri seperti layaknya layar PC.

Aspire Z3 dibekali prosesor Celeron N3150/3050, RAM hingga 8 GB, SSD mulai 32 GB sampai 256GB atau HDD 500GB.

Bobotnya cukup ringan dan tipis untuk ukuran PC, yaitu 2,04 kg dan ketebalan 15,6 mm. Masih cukup nyaman untuk dibawa ke kafe dan tampil mencolok karena dianggap menggotong komputer dekstop untuk nongkrong.

Perangkat PC plus tablet ini dibanderol Acer dengan harga mulai 599 dollar AS atau sekitar Rp 8 juta. Aspire Z3-700 juga akan masuk Indonesia pada akhir tahun 2015 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com