Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Kalahkan PC Sebagai Pengakses Utama Google

Kompas.com - 13/10/2015, 15:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Awal tahun ini, komputer desktop masih menjadi alat yang paling banyak digunakan untuk mengakses mesin pencari Google. Tapi laporan terbaru menunjukkan hal itu berubah.

Senior Vice President of Search, Google, Amit Singhal, baru-baru ini mengumumkan bahwa jumlah ponsel yang mengakses mesin pencarinya dari seluruh penjuru dunia kini sudah lebih banyak ketimbang komputer desktop.

"Untuk pertama kalinya, kami lebih banyak menerima akses dari perangkat genggam ketimbang komputer desktop," ujarnya dalam Code Mobile Conference di Half Moon Bay, California.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (13/10/2015), Google mencatat total 100 juta pencarian bulanan di mesin pencari miliknya berasal dari perangkat genggam. Secara spesifik, dia Singhal mengatakan bahwa perangkat genggam tersebut punya ukuran lebih kecil dari 6 inci.

Kendati demikian, laporan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada negara-negara tertentu yang sebagian besar penduduknya menggunakan komputer desktop. Bahkan bisa melebihi pengguna ponsel.

Google sendiri hidup dan memperoleh keuntungan dari mesin pencari dan pangsa pasar terbesarnya adalah desktop. Mesin pencari merupakan tulang punggungnya untuk mendorong pemasukan dari iklan dan ekosistem Android di seluruh dunia.

Dalam urusan pencarian melalui perangkat genggam, Google bersaing dengan Apple dan Facebook. Angka pencarian melalui perangkat mobile tersebut mengindikasikan bahwa raksasa ini sedang beradaptasi dengan lansekap digital yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com