Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Bakal Ada Emoji "Selfie"?

Kompas.com - 14/10/2015, 07:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Emoji semakin mumpuni menggantikan teks untuk komunikasi maya. Sebab tiap tahun jenisnya makin kaya dengan makna yang beragam.

Tahun ini Unicode Consortium kembali mempublikasikan kandidat emoji baru untuk diluncurkan tahun 2016. Kandidat emoji itu dianggap mampu memenuhi kebutuhan komunikasi netizen.

Dilansir KompasTekno, Senin (12/10/2015) dari Arstechnica, setidaknya ada 67 kandidat yang tertera. Emoji "selfie" menjadi salah satu kandidat kuat untuk direalisasikan tahun depan.

Bersamaan dengan itu, ada pula emoji "lying face" (wajah berbohong), "shrug face" (ekspresi wajah sambil mengangkat bahu), "pregnant woman" (perempuan hamil) dan "dancing man" (lelaki berdansa).

Untuk kategori makanan dan minuman, Unicode menambah beberapa pilihan. Kandidatnya antara lain tumbler yang berisi whiskey, alpukat, dan croissant.

Walau Unicode 9.0 bakal melengkapi cara netizen berekspresi secara virtual, pembaruannya dinilai tak sebesar Unicode 8.0 yang diluncurkan tahun ini.

Diketahui, Unicode 8.0 menyematkan pilihan warna kulit untuk tiap emoji yang menggambarkan ekspresi manusia. Hal tersebut dianggap sebagai penghormatan atas keragaman manusia.

Paket emoji untuk Unicode 9.0 dijadwalkan rilis pada Juni tahun depan. Pun begitu, Unicode Consortium tak ingin berjanji.

"Proses seleksi bisa memakan waktu yang sangat lama, bahkan ketika perusahaan-perusahaan besar dilibatkan. Juni nanti kami berencana, tapi belum tentu akan sesuai jadwal," kata perwakilan Unicode Consortium.

Untuk kandidat emoji lengkap yang mungkin bakal terpampang di ponselmu, bisa dicek di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com