Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panasonic Luncurkan Duet Kamera Mirrorless Lumix GX8 dan G7

Kompas.com - 16/10/2015, 06:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Pasaran kamera mirrorless di Indonesia bakal bertambah ramai dengan kehadiran Lumix GX8 dan Lumix G7. Kedua model kamera yang mengedepankan kemampuan video 4K ini resmi diluncurkan di sela-sela acara Indonesia International Filmmaking Resources 2015 di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Lumix GX8 adalah penerus dari model sebelumnya, Lumix GX7 yang sudah berumur 2 tahun. "Yang membedakan dari pendahulunya adalah dual-image stabilizer, gambar bisa selalu tajam, hampir tanpa blur atau getaran dari tangan," ujar Product Manager Audio dan Digital Imaging PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefandi.

Teknologi yang dimaksud menggabungkan sistem peredam getaran (image stabilizer) di sensor dan lensa sekaligus. Biasanya, kamera digital hanya mengandalkan salah satu sistem, di sensor atau lensa saja.

Fitur lain yang turut disematkan Panasonic pada Lumix GX8 termasuk sensor micro-four thirds generasi terbaru dengan resolusi 20 megapixel, konektivitas Wi-Fi dan NFC, serta body magnesium alloy yang tahan cuaca.

Oik Yusuf/ Kompas.com Kamera mirrorless Panasonic Lumix G7

Adapun Lumix G7 merupakan model kamera mirrorless dengan faktor bentuk mirip DSLR dengan electronic viewfinder yang diposisikan dalam "punuk" di bagian tengah. Sensor yang digunakan memiliki resolusi 16 megapixel.

Baik Lumix GX8 maupun G7 sama-sama dibekali dengan layar sentuh dan kemampuan perekaman video 4K serta foto 4K, dalam hal ini still picture (frame foto) bisa diambil dari klip video 4K. Untuk memanfaatkan fitur 4K ini, pengguna harus menggunakan kartu memori UHS-I Class 3 berkecepatan 90 MBps.

PT Panasonic Gobel membanderol Lumix GX8 seharga Rp 16 juta untuk body-only, sementara Lumix G7 dihargai Rp 11 juta untuk versi kit dengan lensa Panasonic 14-42mm f/3.5-5.6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com