Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar PBB di Jogja, Bisa Pakai Uang Elektronik

Kompas.com - 16/10/2015, 08:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata (XL) bekerja sama dengan pemerintah kota Yogyakarta untuk memperluas program Xmart City. Kali ini mereka merilis fitur pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) menggunakan uang elektronik XL Tunai.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Vice President XL Central Region, Bambang Parikesit, dilaksanakan di Kantor Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

"Melalui program ini, kami berharap XL Tunai dapat memberikan solusi untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak sekaligus memudahkan masyarakat khususnya masyarakat Kotamadya Yogyakarta untuk melakukan pembayaran," terang Bambang melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Kamis (15/10/2015).

Untuk melakukan pembayaran tersebut, pengguna cukup melakukan transaksi menggunakan kode *123*120#. Selanjutnya pilih pembayaran dan masukkan nomor ID pelanggan (NOP), pilih periode pembayaran sekaligus jumlah pajak yang akan disetor.

Setelah pembayaran berhasil, maka pelanggan akan mendapatkan bukti notifikasi SMS dan bisa mencetak resi dengan mengakses link ini.

XL Tunai merupakan uang elektronik khusus pelanggan XL. Dengan layanan ini, pengguna bisa membayar sejumlah hal, seperti pembelian pulsa, tagihan tertentu, belanja online tertentu, hingga pengiriman uang langsung menggunakan dana yang tersimpan dalam ponsel.

Sebelumnya, XL juga bekerja sama dengan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menggelar layanan pembayaran surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK) menggunakan uang elektronik tersebut. Sama seperti metode pembayaran PBB, pengguna cukup masuk ke menu melalui shortcode *123*120# dan mulai melakukan pembayaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com