Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video 4K Sama Dengan 30 Kali Foto Tiap Detik

Kompas.com - 16/10/2015, 10:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Panasonic meluncurkan duet kamera mirrorless baru Lumix GX8 dan Lumix G7 di Jakarta, Kamis (15/10/2015). Salah satu poin unggulan dari kedua kamera ini adalah kemampuan merekam video 4K.

Fitur tersebut, menurut Marketing Director PT Panasonic Gobel Indonesia Yasunori Takase, tak hanya berguna untuk merekam video saja, tapi sekaligus juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto (still image) dengan kecepatan tinggi.

“Merekam video 4K sama saja dengan mengambil foto dengan frame rate tinggi setiap detik. Ini mempermudah pengguna dalam menangkap momen penting yang berlangsung cepat,” ujar Takase saat berbicara di panggung acara peluncuran.

Product Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefandi menambahkan bahwa Lumix GX8 dan G7 dibekali mode khusus untuk mengambil frame still picture dari klip video 4K. Tiap frame ini kemudian bisa disimpan sebagai foto.

“Tiap frame foto yang diambil dari klip video 4K ini memiliki resolusi 8 megapixel, jadi untuk dicetak ukuran A3 pun masih bagus,” kata Agung.

Mode khusus yang dimaksud bernama “4K Burst”. Dalam mode ini, Lumix GX8 atau G7 akan merekam video 4K dengan kecepatan 30 FPS.

Kecepatan tersebut sama dengan merekam 30 buah foto 8 megapixel setiap detik. Frame rate 30 FPS tergolong sangat cepat. Sebagai perbandingan, DSLR kelas profesional sekalipun biasanya “hanya” mampu menangkap belasan frame per detik dalam mode burst.

Selain 4K, ke depan, Panasonic ingin meningkatkan resolusi video lebih jauh. “Tahun 2020 nanti, kami ingin sudah mencapai perekaman video 8K,” sebut Takase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com