Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4G Tahap Dua XL Sambangi Bandung Sebelum ke Jakarta

Kompas.com - 16/10/2015, 15:55 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (XL) dalam waktu dekat ini membuka akses komersil untuk 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di dua kota baru. Rencananya, kota tersebut adalah Bandung dan Jakarta.

Menurut jadwal penataan frekuensi, Bandung akan ditata pada 28 Oktober sampai 4 November mendatang. Sehingga setelah selesai dapat dibuka untuk layanan internet cepat komersil.

"4G LTE XL (1800 MHz) sudah di Lombok, Bali, Surabaya. selanjutnya kami akan launching di Bandung sekitar awal November," Chief Executive Officer (CEO) XL Axiata Dian Siswarini menerangkan saat ditemui KompasTekno usai acara Ulang Tahun XL Axiata ke 19 di Grha XL, Jumat (16/10/2015).

Setelah Bandung, rencana selanjutnya adalah membuka 4G LTE komersil di Jakarta. Namun untuk bisa melakukan ini XL mesti menunggu penataan selesai seluruhnya, karena Jakarta merupakan kota terakhir dalam jadwal.

Penataan frekuensi 1.800 MHz di Jakarta, bila sesuai dengan jadwal, akan dilakukan pada 18 sampai 23 November 2015 mendatang.

Kendati penataan frekuensi tersebut sudah selesai seluruhnya, Dian memberi catatan bahwa XL hanya akan menggelar 4G LTE komersil di wilayah tertentu saja. Pertimbangannya adalah banyak atau tidaknya calon pengguna dan penetrasi perangkat 4G di kota tersebut.

"Kami sejalan dengan kalender pemerintah, tapi penggelaran 4G LTE kami pilih area yang sesuai saja, tidak di semua kota," ujar Dian.

"Karena potensi 4G LTE di setiap kota tidak sama dan penyebaran handset 4G tidak merata. Komitmen kami adalah, kalau di daerah tersebut ada 4G, maka kami akan berikan yang terbaik," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com