Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto dari Pasar Loak Dihargai Rp 66 Miliar, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 17/10/2015, 11:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Tahun 2010, seorang pria asal California, AS, bernama Randy Guijarro membeli selembar foto tua di pasar loak dengan harga 2 dollar AS (Rp 26.000).

Siapa sangka, foto tintype lusuh itu ternyata menggambarkan sosok langka Billy The Kid, bandit koboi AS yang merajalela pada zaman wild west.

Kini, nilainya pun ditaksir mencapai 5 juta dollar AS atau lebih dari Rp 66 miliar oleh balai lelang Kagin’s yang menyelidiki keaslian foto tersebut.

Dibutuhkan waktu setahun untuk memverifikasi kebenaran foto yang bersangkutan.

“Kami harus benar-benar yakin soal di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa foto tersebut diambil. Sekadar mirip saja tak cukup untuk kasus semacam ini,” sebut David McCarthy dari Kagin’s, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Sabtu (17/10/2015).

Pada akhirnya, disimpulkan bahwa foto yang bersangkutan benar-benar asli. Di dalamnya tampak Billy sedang bermain kriket bersama teman, keluarga, dan komplotannya, "The Regulators", pada musim panas tahun 1878 seusai sebuah acara pernikahan.

kagins.com Keseluruhan foto Billy the Kid

Ini merupakan salah satu dari hanya dua foto yang diketahui mengabadikan Billy The Kid. Foto pertama sudah terjual seharga 2,3 juta dollar AS pada 2011 lalu.

Adapun Billy The Kid adalah figur terkenal yang meninggal pada usia muda, yaitu usia 21 tahun. Hidupnya yang singkat dipenuhi kejahatan pencurian dan pembunuhan pada era koboi abad ke-19 di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com