Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Sediakan Pembuka "Kunci" ZenFone 2

Kompas.com - 17/10/2015, 16:49 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Asus
KOMPAS.com - Asus menyediakan pembuka kunci "bootloader" resmi, khusus untuk smartphone ZenFone 2. Dengan disediakannya aplikasi tersebut, pengguna diberikan kebebasan untuk mengoprek Android dan menginstalasi custom ROM di smartphone populer Asus ini.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan "bootloader" resmi itu, sebaiknya perhatikan beberapa catatan berikut ini.

Proses "bootloader" ini sangat berisiko dan sifatnya tidak reversible. Artinya, software perangkat tidak bisa dikembalikan ke versi locked seperti semula lagi.

Selain itu, garansi perangkat akan hangus alias tidak berlaku lagi.

"Produk Revised (yang sudah menggunakan aplikasi "bootloader") tidak lagi dilindungi garansi seperti produk original," tulis Asus dalam situs resminya, sebagaimana KompasTekno rangkum, Kamis (15/10/2015).

Satu pengingat lainnya, jika pengguna sudah menggunakan custom ROM di ZenFone 2, tidak akan mendapatkan update software lagi dari Asus. Tentunya, risiko smartphone nge-brick atau smartphone tidak mau masuk ke sistem juga masih ada.

"Sangat disarankan untuk menghindari aplikasi ini sampai Anda benar-benar mengerti dan menerima risiko yang mungkin muncul," lanjut Asus.

Jika sudah memahami risiko yang ada, pengguna bisa langsung menuju tautan berikut ini untuk mengunduh bootloader.

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, pastikan terlebih dulu, ZenFone 2 ada di firmware versi 2.20.40.59 atau lebih baru. Setelah itu, jalankan aplikasi bootloader tersebut, sama seperti menginstalasi aplikasi pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asus
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com