Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Kawal Pilkada Undang Relawan Bergabung

Kompas.com - 19/10/2015, 10:27 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Situs urun daya (crowdsourcing) kawalpilkada.id mencari relawan yang bersedia turun tangan menghitung suara hasil pemilihan umum daerah (Pilkada) yang akan dilangsungkan secara serentak pada 9 Desember mendatang.

"Kami membutuhkan lebih banyak publik terlibat agar pemantauan bisa berjalan dengan efektif," demikian kata Herry Dharmawan, relawan dari TurunTangan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (16/10/2015).

Jumlah relawan TurunTangan sendiri pada pekan lalu yang akan terlibat dalam situs Kawal Pilkada diklaim Herry telah mencapai 150 orang yang tersebar di 57 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Sementara jumlah relawan yang submit ke sistem pemantauan www.kawalpilkada.id tercatat sudah sekitar 300 orang dari seluruh Indonesia. Fanpage Facebook Kawal Pilkada
juga sudah mencapai 1.140 "like" hingga Kamis pagi (15/10/2015) lalu.

Perkembangan Kawal Pilkada juga bisa diikuti lewat akun Twitter resminya, @kawalpemilukada.

Kawal Pilkada adalah platform hasil kolaborasi relawan dari Code4Nation, Turun Tangan, Perludem, dan Data Science Indonesia (DSI), serta didukung oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

Situs tersebut bertujuan untuk menjadi platform pengawasan untuk Pilkada bersih melalui situs web. Platform ini dikembangkan oleh Khairul Anshar dari Code4Nation sejak Juni 2015 untuk mendorong publik menggunakan haknya sebagai warga negara mengawasi jalannya pesta demokrasi lokal terbesar di dunia.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2015 pertama kali dalam sejarah demokrasi Indonesia akan digelar pada 9 Desember.

Sebanyak 53 persen dari total wilayah di Indonesia, yaitu 269 daerah terdiri dari sembilan provinsi dan 260 kota/kabupaten, akan menentukan kepala daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com