Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Dicari di Google Setahun, Apa Jadinya?

Kompas.com - 20/10/2015, 16:39 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Google Trends adalah layanan buatan Google yang menunjukkan kata kunci paling banyak dicari terkait dengan peristiwa atau orang-orang tertentu. Apa kata layanan ini soal Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi sejak dilantik pada 20 Oktober tahun lalu?

Dalam keterangan resmi Google yang diterima KompasTekno, Selasa (20/10/2015), disebutkan ada lima kata kunci yang paling sering digunakan orang untuk mencari kabar tentang Presiden Indonesia itu. Semuanya berawalan dengan kata Jokowi.

Kata kunci yang dimaksud adalah Jokowi Mantu, Jokowi Kabinet, Jokowi KPK, Jokowi Asap dan Jokowi Pidato.

Dari kelima topik tersebut, Jokowi Asap bisa dibilang sebagai yang terkini dan dilontarkan terkait tragedi asap akibat kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Selanjutnya, Google Trends di periode Oktober 2014 hingga Oktober 2015 itu menunjukkan topik-topik lain terkait Jokowi, yang sering dicari pengguna mesin pencari Google. Ada lima topik, yaitu Budi Gunawan dan Megawati, Bali Nine, Pelantikan Ketua Kapolri, Reshuffle Kabinet, Danau Toba, dan Asap Riau.

Sementara itu, pengguna yang mencari Jokowi di internet, terbanyak berasal dari wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Terakhir, sepanjang setahun terakhir terdapat dua video parodi terkait Jokowi yang menjadi terpopuler di YouTube. Video tersebut adalah karya Eka Gustiwana yang mencapai lebih dari satu juta view, dan hasil unggahan akun Lilin Kecil yang mendapat lebih dari 2 juta view.

Anda bisa menyaksikan kedua video parodi itu di bawah ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com