Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Kerahkan 1.000 Insinyur agar Masuk iPhone 7

Kompas.com - 21/10/2015, 13:43 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Apple selama ini selalu menggunakan chipset buatan Qualcomm untuk menjaga fitur jaringan di produk iPhone. Untuk iPhone berikutnya sebut saja iPhone 7, Apple berencana melirik produsen lain.

Rumor terbaru mengungkapkan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Arstechnica, Rabu (21/10/2015), Apple ingin membekali iPhone 7 dengan chipset modem LTE buatan Intel.

Secara spesifik, menurut seorang sumber yang tak mau disebut namanya, kandidat chipset modem yang bakal digunakan di iPhone 7 bernama XMM 7360.

Chipset itu sendiri sudah dilengkapi dengan teknologi LTE Category 10. Dengan teknologi tersebut, ia bisa digunakan untuk mengunduh data dengan kecepatan internet hingga 450 Mbps.

Agar proyek ini bisa terwujud, Intel dikabarkan sampai harus membuat sebuah tim khusus beranggotakan 1.000 insinyur. Meskipun begitu, Apple tampaknya belum secara resmi menunjuk Intel sebagai penyuplai chip modemnya.

Hingga hari ini, Apple memiliki penyuplai tunggal untuk masalah chipset modem. Perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut selama ini memilih chipset 9X45 LTE buatan Qualcomm.

Jika kerja sama dengan Intel benar-benar terwujud, Apple dikatakan bakal tetap menggunakan jasa Qualcomm untuk masalah chipset modem ini. Artinya, bakal ada dua penyuplai untuk masalah dukungan jaringan seluler ini.

Selain itu, masih menurut sumber, ada kemungkinan Apple melisensi teknologi modem milik Intel untuk dipadukan dengan SoC miliknya. Apple dikatakannya sedang mempertimbangkan membuat SoC generasi terbarunya yang sudah dilengkapi dengan lisensi modem tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com