Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Penjahat" di Balik Borosnya Baterai iPhone

Kompas.com - 23/10/2015, 09:05 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Banyak pengguna iOS yang mengeluhkan betapa cepat habisnya baterai perangkat mereka belakangan ini. Setelah diselidiki, ternyata "penjahat" dari masalah tersebut adalah aplikasi Facebook untuk iOS.

Masalah ini diakui langsung oleh Engineer Manager Facebook Ari Grant.

Melalui status Facebook-nya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari PhoneArena, Jumat (23/10/2015), ia menginformasikan beberapa masalah yang membuat aplikasi Facebook versi iOS membuat baterai iPhone lebih cepat habis dari seharusnya.

Masalah pertama yang ditemukan diberi istilah "CPU Spin". Masalah ini ada di kode jaringan aplikasi tersebut.

Inti dari masalah satu ini, CPU merasa seakan ada sebuah tugas yang belum diselesaikan. Oleh karena itu, CPU akan terus bekerja sehingga membuat baterai lebih cepat habis.

"CPU Spin seperti seorang anak kecil di dalam mobil bertanya, 'Apakah kita sudah sampai? Apakah kita sudah sampai?', pertanyaan yang tidak membuat adanya peningkatan untuk mencapai tujuan," tulis Grant.

Facebook juga menemukan adanya masalah di manajemen sesi audio. Jika Anda menutup aplikasi Facebook setelah menonton video, sesi audio terkadang tetap berjalan secara diam-diam. Inilah yang membuat baterai terus disedot dayanya.

Facebook dikatakan sudah menyelesaikan masalah ini. Perusahaan jejaring sosial ini menjanjikan peningkatan performa baterai pada versi aplikasi terbarunya yang bakal tersedia hari ini.

"Kami meminta maaf terhadap ketidaknyamanan yang kami sebabkan. Kami akan terus berkomitmen untuk melanjutkan peningkatan penggunaan baterai di aplikasi dan Anda akan melihat peningkatan dalam versi yang dirilis hari ini," pungkas Grant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com