Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Perkenalkan Boomerang, Pembuat Foto Bergerak

Kompas.com - 23/10/2015, 10:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Instagran meluncurkan aplikasi terpisah yang diberi nama Boomerang. Aplikasi ini bisa dipakai untuk membuat gambar bergerak (GIF).

GIF adalah format gambar bergerak di internet yang terdiri atas serangkaian foto yang ditampilkan berurutan secara terus-menerus (loop), membuatnya seperti video mini dengan durasi pendek.

Dikutip KompasTekno dari blog resmi Instagram, Jumat (23/10/2015), Instagram bisa dipakai untuk memotret lima foto yang bisa dirangkai menjadi format GIF dan memutarnya.

"Boomerang mengambil serangkaian foto dan merangkainya menjadi video mini berkualitas tinggi yang bisa diputar maju-mundur," demikian tulis postingan resmi Instagram di blog-nya.

Sama dengan Instagram, pengguna bisa merekam foto dalam mode portrait (vertikal) atau lanskap (horisontal). Hasil gambar GIF juga bisa di-share di akun Instagram dan disimpan di album kamera.

Google Play Store Boomerang Instagram
Aplikasi ini merupakan hasil hackathon yang dilakukan Instagram pada Juli lalu. Boomerang menjadi aplikasi terpisah ketiga yang dirilis oleh Instagram. Sebelumnya jejaring sosial berbasis foto ini telah meluncurkan aplikasi foto time-lapse Hyperlapse dan aplikasi pembuat kolase foto, Layout.

Aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa dengan Boomerang antara lain Google Photo dan Phhhoto yang telah melampaui 1 juta pengguna pada Maret lalu.

"Dengan Boomerang, kami tidak sabar untuk melihat hasil kreasi kalian," ujar Instagram.

Boomerang from Instagram bisa diunduh di Play Store lewat tautan berikut ini, dan di iOS melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com