Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coder Diminta Luhut Bikin Aplikasi Soal Kabut Asap

Kompas.com - 24/10/2015, 20:03 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis



BANDUNG, KOMPAS.com - Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan dengan tiba-tiba mengontak Code4Nation. Ia minta dibuatkan aplikasi untuk membantu penanganan korban kabut asap.

"Mendadak sekali. Dikontak jam 12 malam tadi malam," ujar Public Relation Code4Nation, penyelenggara Hackathon Merdeka 2.0, Marina Kusumawardhani di IDeX Telkom Bandung, Sabtu (24/10/2015).

Permintaan Luhut ini memang berbarengan dengan penyelenggaraan Hackathon tersebut. Yakni perlombaan pembuatan aplikasi yang diikuti 1.700 coder di Indonesia.

"Tema awalnya kependudukan. Namun setelah ada permintaan dari Menkopolhukam yang urgent, temanya ditambah dengan penanganan kabut asap," ucap Marina.

Menkopolhukam, sambung Marina, akan memberi hadiah tersendiri bagi pemenang aplikasi penanganan kabut asap di Sumatera dan Kalimantan.

Sebenarnya, sambung Marina, ada dua aplikasi yang diminta. Pertama, aplikasi untuk kebutuhan evakuasi. Aplikasi ini bisa membantu mengetahui posisi balita, anak-anak, lansia yang kesehatannya kritis dan membutuhkan bantuan.

Kedua, aplikasi yang dibutuhkan para relawan. Misalnya berisi titik kumpul dan penyaluran kebutuhan masyarakat.

Selama ini, banyak bantuan yanag datang, namun relawan tidak memiliki data bantuan apa saja yang dibutuhkan daerah tertentu.

Dengan aplikasi ini, bantuan lebih cepat sampai dan tepat sasaran.

"Saya kira dua permintaan ini bisa beriringan, intinya untuk mendeteksi korban. Insya Allah dalam satu pekan aplikasi selesai," tutup Marina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com