Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Belajar Bikin Video di YouTube Broadcast Box

Kompas.com - 25/10/2015, 17:27 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - YouTube dan Loop powered by Telkomsel meluncurkan YouTube Broadcast Box di Jakarta, Sabtu (24/10/2015). Yang membuatnya spesial, ini merupakan Broadcast Box pertama YouTube di Indonesia.

Apakah sebenarnya Broadcast Box itu? Ia merupakan studio mini yang dilengkapi dengan kamera profesional, props, dan peralatan editing. Studio tersebut dapat digunakan untuk berlatih bersama dengan para pakar sehingga kreator Indonesia bisa menciptakan konten yang lebih berkualitas.

Di dalam YouTube Broadcast Box, sebagaimana dijelaskan dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, kreator dapat mempelajari langkah membuat dan mengunggah video ke situs streaming video tersebut. Asyiknya lagi, kreator bakal mendapat panduan langsung dari pakarnya.

Setelah selesai membuat video, kreator tersebut bisa mengikuti workshop yang menampilkan para pakar dari YouTube yang akan berbagi tips dan trik untuk mengembangkan channel melalui Partnership Program dari YouTube.

Ada juga pelajaran mengenai cara melindungi konten original para kreator di dunia maya.

Para pemberi materi workshop akan terdiri dari kreator YouTube lokal yang telah menguasai seni membuat video viral di dunia maya.

"Meski kami melihat pertumbuhan luar biasa untuk jumlah video yang diunggah di YouTube tahun ini, masih ada banyak potensi yang bisa digali dari kreator dan calon kreator Indonesia untuk meraih sukses melalui YouTube," kata Veronica Utami, Head of Marketing, Google Indonesia.

"Broadcast Box didesain dengan memikirkan karakter kreator Indonesia yang selama ini kami amati, agar mereka bisa memaksimalkan apa yang ditawarkan platform ini," lanjutnya.

YouTube Suasana dalam YouTube Broadcast Box

Konten video dari Indonesia sendiri diklaim meningkat luar biasa pesat, yakni sebesar 600 persen, sejak tahun lalu. Peningkatan tersebut dikatakan sebagai yang tertinggi di Asia Pasifik. Dengan adanya Broadcast Box ini, diharapkan konten dari Indonesia bisa lebih dilirik lagi.

Inisiatif ini diluncurkan sebagai bagian dari roadshow Telkomsel Loop 2015, nantinya Broadcast Box akan hadir di kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya, serta menyediakan workshop digital di Medan dan Makassar.

Di Jakarta, Broadcast Box akan hadir di Loop Station Mahakam, Jakarta Selatan dari 28 Oktober hingga 8 November mendatang. Di Bandung, ia bakal tersedia di Loop Kepo Trans Studio Mall pada 15 November.

Sementara itu, di Surabaya akan tersedia di Loop Kepo DBL Arena pada 22 Oktober.

Sedangkan, workshop di kota Medan akan dilakukan di Plaza Medan Fair pada 8 November 2015 dan kota Makassar di Grapari Telkomsel Makassar pada 28 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com