Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.800 Peserta Ramaikan "Canon PhotoMarathon" 2015

Kompas.com - 25/10/2015, 18:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Canon PhotoMarathon Indonesia kembali digelar untuk ketujuh kalinya pada Sabtu (24/10/2015) di Atrium Mall Alam Sutera, Tangerang. Ajang yang sama juga telah berlangsung di Bali dan Yogyakarta pada waktu berdekatan.

Kali ini, ada 1.874 peserta yang turut serta meramaikan ajang lomba fotografi terbesar se-Asia tersebut. Dari mulai fotografer profesional hingga para pelajar yang baru mulai menggeluti dunia fotografi.

Ajang ini memang terbuka bagi siapapun tanpa ada batasan. Peserta boleh menggunakan kamera digital dengan merek apapun dan memiliki kesempatan yang sama untuk jadi pemenang.

Tak hanya sekadar jadi ajang lomba, Canon PhotoMarathon juga dikatakan sebagai ajang silaturahim para pehobi fotografi untuk saling mengasah dan berbagi ilmu.

"Ajang tahunan ini seperti sebuah pesta atau perayaan yang bukan hanya menjadi sarana mengasah kreativitas dan keterampilan fotografi, melainkan juga menjadi momen silaturahmi antara penggemar fotografi," kata Direktur Divisi Canon PT. Datascript Merry Harun, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima KompasTekno.

KOMPAS / HENDRA A SETYAWAN Sebanyak 1.874 peserta mengikuti Canon PhotoMarathon 2015 di Mal Alam Sutra, Tangerang, Banten, Sabtu (24/10/2015). Lomba reli foto terbesar di Tanah Air ini sebelumnya juga telah digelar di Yogyakarta dan Bali.
Untuk mengasah wawasan peserta, Canon PhotoMarathon Indonesia menghadirkan fotografer senior Ferry Ardianto untuk memberikan informasi seputar fotografi. Sesi tanya jawab dengan pembicara pun menjadi kesempatan berharga bagi para peserta.

Dalam lombanya sendiri ada tiga sesi yang terbagi atas tema-tema berbeda. Tema pertama bertajuk "Bentangan". Setelahnya, peserta lanjut ke tema kedua bertajuk "Bersiap-siap" dan yang terakhir tema "Corak Nusantara".

Hasil foto peserta dari pagi hingga siang dinilai oleh dewan juri yang mumpuni pada bidang foto. Mereka adalah fotografer Ray Bachtiar, jurnalis foto Yuliandi Kusuma, fotografer Setiadi Darmawan, fotografer Denny Herliyanso, fotografer Effendi Suryajaya dan koordinator tim kreatif PT Datascript Kurnia Chandra.

Juara umum kali ini adalah Ares Jonekson Saragi. Ia berhak memboyong satu unit kamera DSLR Canon EOS 100D dan perjalanan klinik foto ke Jepang bersama juara umum lainnya dari Yogyakarta dan Bali, serta para juara utama negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2015 lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com