Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Jokowi, Menkominfo dan Startup Tetap ke Silicon Valley

Kompas.com - 26/10/2015, 23:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis


KOMPAS.com
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membatalkan kunjungannya ke Silicon Valley, di pesisir barat Amerika Serikat (AS). Namun agenda kunjungan ke pusat teknologi AS itu tetap dilanjutkan oleh sejumlah menteri.

Sumber KompasTekno, Senin (26/10/2015) mengatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara tetap melanjutkan kunjungan tersebut.  Akun resmi Sekretariat Kabinet di Twitter pun segera mengumumkan bahwa ada sejumlah menteri yang akan melanjutkan agenda kunjungan.

"Para menteri/kepala lembaga negara tersebut adalah Menteri Kominfo, Menteri Perdagangan, Kepala BKPM, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Menteri-menteri dan Kepala Lembaga Negara tersebut akan meneruskan ke West Coast untuk bertemu para CEO yang ada di sana," kicau akun Twitter @Setkabgoid.

Selain itu juga dipastikan bahwa para jagoan startup Indonesia yang turut serta dalam kunjungan akan tetap bertolak ke Silicon Valley.

Jagoan startup yang dimaksud antara lain adalah co-founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) GoJek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Ferry Unardi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, pendiri Kaskus Andrew Darwis dan Chairman Mataharimall.com Emirsyah Satar.

Sebelum rencana batal, Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah venture capital besar AS seperti Sequoia Capital, Accel, Kliener, Perkins Caufield Briers, Tiger Global, Andreessen Horowitz dan Coatue Management.

Agenda lainnya adalah kunjungan ke Museum Sejarah Komputer, kantor pusat Facebook, Googleplex, kantor Marvell Technology Group (MTG), serta bertemu dengan CEO Microsoft Satya Nadella dan makan malam dengan CEO Apple Tim Cook.

Namun semua agenda di atas urung terwujud lantaran Jokowi memilih pulang ke Indonesia karena masalah kabut asap yang melanda wilayah Sumatera serta Kalimantan.

"Saya akan batalkan perjalanan ke San Francisco karena banyak keluhan di masyarakat. Saya akan balik langsung menuju Palangkaraya atau Sumsel, Palembang," katanya kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan melalui sambungan telepon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com