Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Xiaomi Disebut Punya Dua Ukuran Layar

Kompas.com - 27/10/2015, 08:43 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Laptop pertama buatan vendor China Xiaomi direncanakan mulai diproduksi massal pada kuartal pertama 2016. Xaomi menyiapkan dua model ukuran layar, yaitu 12,5 inci dan 13,3 inci.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh situs DigiTimes, seperti dikutip KompasTekno, Senin (26/10/2015).

Menurut DigiTimes, Xiaomi menggandeng dua pabrik perakit yaitu Inventec untuk memproduksi varian laptop 12,5 inci dan vendor Compal Electronics untuk laptop varian 13,3 inci.

Untuk jumlah produksi, Xiaomi dilaporkan memesan sebanyak 250.000 unit untuk model 12,5 inci, dan 500.000 unit untuk varian 13,3 inci.

Sumber dalam DigiTimes yang tidak mau disebut namanya juga mengatakan bahwa Xiaomi bisa menjual laptopnya itu dengan bundling paket smartphone. Strategi itu diyakini bisa mengancam kompetitor.

Masuknya Xiaomi ke ranah laptop juga diprediksi oleh para pengamat akan berpengaruh terhadap penjualan pemimpin pasar Lenovo saat ini. Bahkan, rumornya Xiaomi juga berburu eksekutif Lenovo untuk mengepalai unit bisnis laptopnya.

Belum bisa dikonfirmasi spesifikasi laptop Xiaomi yang akan dibuat, namun kabar sebelumnya menyebut Xiaomi menggunakan prosesor Intel Haswell i7-4500u dan RAM 16 GB sebagai dapur pacunya.  

Soal sistem operasi, rumor tahun lalu mengatakan Xiaomi tidak memilih OS Windows sebagai sistem operasi laptop ini, melainkan sistem operasi Linux yang telah dimodifikasi. Laporan dari Bloomberg belum mengonfirmasi tentang hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com