Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Router Terbaru Google Andalkan Ayunan Tangan

Kompas.com - 28/10/2015, 19:56 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Agustus silam, Google merilis OnHub, perangkat WiFi router pertamanya hasil kerja sama dengan TP-Link. Kini, raksasa internet tersebut telah memperkenalkan model kedua dari anggota keluarga seri itu.

Perangkat kedua tersebut masih menggunakan nama OnHub. Bedanya, ia dikerjakan bersama dengan perusahaan teknologi asal Taiwan, Asus.

Secara garis besar, OnHub model kedua ini memiliki fitur dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Desain fisiknya pun tidak jauh berbeda.

OnHub versi terbaru juga dilengkapi oleh 13 antena, yang terdiri dari enam antena frekuensi 5 GHz, enam antena frekuensi 2,4 GHz, dan sebuah antena yang disebut "congestion-sensing".
Antena terakhir itu digunakan untuk menjaga smartphone atau tablet pengguna bisa tetap mendapatkan sinyal dan kecepatan terbaik dari router.

"Sama seperti router pertama kami, OnHub Asus datang dengan Wi-Fi yang lebih cepat, mudah untuk di-setting, dan pengaturan sederhana melalui aplikasi Google On," tulis Google, sebagai KompasTekno rangkum langsung dari blog resminya, Rabu (28/10/2015).

Google Fitur Wave Control

Yang jadi pembeda, OnHub Asus hadir dengan sebuah fitur bernama Wave Control. Dengan mengayunkan atau melambaikan tangan di atas perangkat, router akan memprioritaskan atau meningkatkan kecepatan internet ke perangkat tertentu.

Belum diketahui, bagaimana cara sistem menentukan perangkat mana yang akan diprioritaskan. Tampaknya, pengguna bisa mengatur sendiri melalui aplikasi Google On.

Bagi yang sudah membeli OnHub generasi sebelumnya, Google juga mengumumkan bakal merilis pembaruan software. Pembaruan tersebut akan termasuk algoritma baru yang mampu memilih kombinasi antena terbaik dari WiFi ke perangkat, berbasiskan lokasi dan orientasi.

OnHub Asus ini baru akan dijual di toko tertentu di AS dan Kanada. Perangkat tersebut bakal dijual dengan harga 220 dollar AS atau sekitar Rp 3 juta.

Belum diketahui apakah produk ini bakal dijual di Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com