Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmikan Galaxy View, Gadget Android Terbesar

Kompas.com - 30/10/2015, 08:16 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Setelah memberikan sedikit bocoran di ajang IFA Berlin lalu, Samsung akhirnya merilis tablet berukuran "raksasa", Galaxy View, Kamis (29/10/2015).

Tablet ini bisa dikatakan raksasa karena memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari biasanya. Ia sendiri memiliki layar berukuran 18,4 inci dan sudah mendukung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel.

Pada umumnya, tablet yang kebanyakan beredar di pasar belakangan ini memiliki bentang layar antara 7 inci hingga 12 inci.

Di bagian belakang, terdapat semacam dudukan yang bisa difungsikan untuk mengatur sudut tablet.

Secara keseluruhan, Galaxy View memiliki dimensi tinggi 275,8 mm, panjang 451,8 mm, dan ketebalan 11,9 mm. Bobotnya sendiri mencapai 2,65 kg. Samsung sendiri mengklaim Galaxy View sebagai perangkat mobile Android terbesar.

"Di Samsung, kami berkomitmen untuk menciptakan kemungkinan baru dan membawa konsumen kami ke pengalaman mobile terbaik," tulis JK Shin, CEO dan Head of Samsung IT & Mobile Business dalam keterangan resminya.

Meski tetap menyebutnya sebagai tablet, Samsung agaknya ingin agar perangkat ini difokuskan untuk kegiatan menikmati hiburan saja. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Kamis (29/10/2015), perangkat ini dibuat untuk kegiatan menonton film dan TV di sekitar rumah.

Tidak disebutkan konten video seperti apa saja yang bisa dinikmati oleh pengguna. Akan tetapi, berdasarkan gambar resmi yang disebarkan, tampaknya tablet jumbo ini bakal mendukung aplikasi-aplikasi streaming, seperti Netflix, Hulu, YouTube, dan Twitch.

"Kami sangat senang untuk memperkenalkan Galaxy View, sebuah cara baru untuk mengonsumsi video mobile dan hiburan," lanjut Shin.

Galaxy View dibekali dengan prosesor 1,6 GHz octa-core (tidak diketahui jenisnya), RAM 2 GB, baterai yang kuat menghidupi perangkat selama 8 jam, dan media penyimpanan berkapasitas 32 atau 64 GB. Kapasitas tersebut bisa ditambah menggunakan kartu microSD.

Terdapat kamera 2,1 megapiksel di bagian depannya, kemungkinan hadir untuk kepentingan video call. Selain itu, ada juga slot SIM card berjenis Nano SIM. Perangkat ini berjalan di sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

Sayangnya, Samsung belum mau mengungkapkan harga dan tanggal peluncuran dari Galaxy View ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com