Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Gadget Online Asal China Merambah Pasar Indonesia

Kompas.com - 31/10/2015, 07:52 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Dunia e-commerce Indonesia mendapat pendatang baru dari China, yaitu JD.id yang menjual peranti elektronik dan gadget. Apa yang ditawarkannya kepada konsumen di Indonesia?

"Produk yang kami jual asli 100%, kualitas terjamin, harga kompetitif, layanan purna jual resmi, dan pengiriman satu hari sampai khusus untuk Jabodetabek” demikin ujar Li Zhang Country Manager JD Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (30/10/2015).

Selain itu, ditambahkan Zhang, pelanggan mendapatkan kemudahan cara pembayaran, baik dengan kartu kredit, transfer bank, maupun COD (cash on delivery: bayar tunai di tempat saat barang sampai di tujuan).

Meskipun baru memulai operasi di Indonesia, namun JD mengklaim telah mendapat dukungan penuh dari aneka brand terkemuka, seperti Lenovo Indonesia yang menggandeng JD untuk memasarkan smartphone Android Lenovo A2010.

Website JD di Indonesia yang menggunakan domain ".id" (www.jd.id), menurut JD menunjukkan keseriusan mereka untuk memberikan yang terbaik dan mendapat kepercayaan bagi pelanggan di Indonesia.

Di website-nya, JD fokus memasarkan perangkat gadget dan elektronik. Ada tujuh kategori produk yang dipasarkan, yaitu Smartphone & Tablet, Laptop & Komputer, Peralatan Kantor & Jaringan, Perangkat Keras & Komputer, Kamera & Audio, Smart & Gaming, dan TV Layar Datar.

Di China sendiri, JD merupakan raksasa e-commerce dengan lebih dari 100 juta pelanggan aktif dan menguasai 49 persen penjualan online ritel di China.

JD juga mengklaim telah melayani lebih dari 700 juta order per tahun. Masih menurut JD, pada tahun 2015, JD mencatat pendapatan senilai 29,6 milyar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com