Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook ke Karyawan, Tinggalkan iPhone Pakai Android

Kompas.com - 03/11/2015, 15:37 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Facebook meminta sejumlah karyawannya beralih ke perangkat Android. Tak jelas berapa jumlah karyawan yang dimaksud.

Yang pasti, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (3/11/2015), mereka yang diminta beralih adalah mereka yang selama ini menggunakan iPhone.

Alasannya tak terkait keberpihakan bisnis Facebook ke Android. Melainkan untuk mengasah kepekaan karyawan Facebook atas kondisi para penggunanya.

"Kami ingin membangun empati di dalam perusahaan. Sehingga dalam mengembangkan produk, kami bisa terus memenuhi kebutuhan pengguna secara keseluruhan," kata Kepala Produk Facebook Chris Cox.

Menurut Cox, mayoritas karyawan Facebook saat ini cenderung memilih iPhone ketimbang produk smartphone lain. Padahal, pengguna Facebook berasal dari berbagai latar belakang.

Ada yang menggunakan produk Apple, ada pula yang menggunakan perangkat-perangkat Android dan Windows. Bahkan, hasil penelitian firma IDC menunjukkan, pengguna Android mendominasi 82,8 persen pasar smartphone global.

Cox menilai, jika fenomena iPhone terus dibiarkan di lingkungan karyawan Facebook, mereka tak bakal mengetahui bagaimana pengalaman pengguna Android menjajal aplikasi Facebook.

Dengan begitu, mereka tak bakal benar-benar memahami apa yang dibutuhkan pengguna Facebook versi Android. 

Belakangan Facebook memang kerap mengeluarkan kebijakan untuk melatih kepekaan karyawannya atas kondisi masyarakat. Sebelum ini, Facebook juga membuat program "2G Tuesday".

Tiap Selasa, kantor Facebook hanya mengakomodir internet dengan jaringan 2G. Hal itu dimaksudkan agar para karyawan turut merasakan kondisi masyarakat di beberapa negara yang belum bisa menikmati internet cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com